FOTO: Ketika Bintang Kejora Berkibar di Seberang Istana

Andry Novelino, CNN Indonesia | Rabu, 28/08/2019 20:45 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Demonstrasi mahasiswa Papua digelar di sejumlah titik di Jakarta, Rabu (28/8). Dalam demo di depan Istana Merdeka, pedemo mengibarkan bendera Bintang Kejora.

Puluhan pemuda dan mahasiswa asal Papua menggelar aksi demonstrasi di sekitar Mabes TNI AD, Jalan Merdeka Barat. Jakarta, Rabu (28/8). Mereka tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Anti Rasisme, Kapitalisme, Kolonialisme dan Militerisme. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Unjuk rasa di depan Mabes TNI AD itu mengusung sejumlah tuntutan. Salah satunya adalah tuntutan menggelar referendum di Bumi Cenderawasih dan mengakhiri praktik rasialisme terhadap orang Papua. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Para pemuda yang menggelar demonstrasi di Mabes TNI AD mengenakan beragam atribut. Bahkan ada yang mewarnai tubuhnya dengan corak bendera Bintang Kejora. Bintang Kejora adalah bendera yang biasa digunakan oleh organisasi Papua Merdeka. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Selain aksi di depan Mabes TNI AD, puluhan pemuda Papua lain juga menggelar demo di depan Istana Merdeka dan beberapa daerah lain di Indoneisa. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Demonstrasi dari para pemuda Papua belakangan marak di sejumlah daerah setelah terjadi pengepungan terhadap asrama mahasiswa Papua di Surabaya dan Malang. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Di Surabaya, aksi pengepungan diwarnai dugaan tindakan rasialisme terhadap mahasiswa Papua. Insiden ini kemudian memicu demo dan kerusuhan di sejumlah kota di Papua seperti di Manokwari, Sorong, Fakfak. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Lewat demo yang digelar hari ini, para pemuda dari Papua kompak menyuarakan penolakan terhadap rasialisme dan diskriminasi terhadap orang-orang Papua. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Secara keseluruhan demo pemuda Papua hari ini di Jakarta berlangsung aman meski para pengunjuk rasa sempat mengibarkan bendera Bintang Kejora dalam unjuk rasa di seberang Istana Merdeka. (CNN Indonesia/Joko Panji Sasongko)
Selain mengibarkan bendera Bintang Kejora, para pemuda Papua juga membakar ban bekas. Namun aksi mereka tak menyebabkan terjadi bentrokan dengan aparat. (CNN Indonesia/Joko Panji Sasongko)