Polisi Periksa 5 Saksi Usut Kasus Istri Bakar Suami-Anak

CNN Indonesia | Kamis, 29/08/2019 12:53 WIB
Polda Metro Jaya sudah memeriksa lima orang saksi untuk pengusutan kasus istri membunuh serta membakar suami dan anak tirinya di Sukabumi, Jawa Barat. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono. (CNN Indonesia/Andry Novelino).
Jakarta, CNN Indonesia -- Subdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya telah melakukan pemeriksaan terhadap lima orang saksi dalam pengusutan kasus istri melakukan pembunuhan berencana terhadap suami dan anak tirinya. AK (35) diketahui jadi otak pembunuhan terhadap Edi Chandra Purnama (54) dan Muhamad Adi Pradana (23).

AK dalam melancarkan askinya turut meminta bantuan keponakannya, GV alias KV serta dua pembunuh bayaran S dan A.

"Kita sudah memeriksa beberapa saksi, sekitar lima orang yaitu tetangga rumah korban yang mendengar atau mengetahui atau melihat," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono di Mapolda Metro Jaya, Kamis (29/8).


Saat ini, kata Argo, pihaknya masih menunggu pelimpahan tersangka AK selaku otak pembunuhan tersebut dari Polres Sukabumi.

Nantinya, setelah dilimpahkan, penyidik bakal meminta keterangan lebih lanjut untuk menggali kronologi lengkap pembunuhan yang dilatari ingin menguasai harta warisan tersebut.

Sementara untuk tersangka GV alias KV sampai saat ini masih dirawat di rumah sakit sehingga belum bisa dimintai keterangannya.

"(KV belum diperiksa) karena masih sakit," ucap Argo.

Di sisi lain, Argo mengungkapkan untuk dua eksekutor yang disewa oleh tersangka yakni S dan A, sehari-harinya diketahui bekerja sebagai buruh. "(Mereka) baru sekali (membunuh)," ujarnya.

Sebelumnya, dua jasad yang merupakan ayah dan anak ditemukan dalam kondisi terbakar di dalam sebuah mobil di Sukabumi, Jawa Barat, Minggu (25/8). Kedua jasad diketahui bernama Edi Chandra Purnama (54) dan anaknya, Muhamad Adi Pradana (23).

Diketahui, otak pembunuhan itu merupakan istri korban sendiri yang berinisial AK. Sebelum dibakar di dalam mobil, AK menyewa dua eksekutor untuk membunuh suami dan anak tirinya tersebut.

Setelah suami dan anaknya dinyatakan tewas, AK dan keponakannya KV membawa kedua tubuh korban ke Sukabumi. Setelahnya AK dan KV membakar mobil beserta jasad Edi dan Adi Pradana.

[Gambas:Video CNN] (dis/osc)