Freddy Numberi Minta Semua Pihak Tak Terpancing Masalah Kecil

CNN Indonesia | Sabtu, 31/08/2019 04:02 WIB
Freddy Numberi Minta Semua Pihak Tak Terpancing Masalah Kecil Tokoh Papua Freddy Numberi meminta semua pihak agar tidak terpancing emosi dengan masalah kecil (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tokoh Papua yang juga mantan Menteri Perhubungan Freddy Numberi meminta semua pihak agar tidak terpancing oleh masalah kecil yang bisa lekas diselesaikan. Menurutnya, lebih baik berdiskusi dengan tenang mencari solusi untuk Papua.

Dia mengatakan itu untuk menyikapi sejumlah aksi protes yang terjadi di Papua dan Papua Barat sejak pekan lalu.

"Jadi saya katakan sekali lagi, jangan karena masalah-masalah kecil kita terpicu. Ini sangat menyakitkan, sangat sedih. Kita harus bangun kembali, tenang, kita duduk baik-baik supaya bagaimana pemerintah ke depan lebih perhatian untuk membangun ke depan lebih baik," ujar Freddy di Kantor Kemenkopolhukam, Jakarta, Jumat (30/8).


Dia juga mengatakan semua pihak harus terlibat dalam mencari solusi untuk menyelesaikan persoalan di Papua dan Papua Barat. Tentu demi mendapatkan solusi terbaik.
"Tidak semudah membalik tangan memang, tapi ada upaya untuk memperbaiki," ujarnya.

Mantan Menteri Perhubungan itu juga meminta pemuda di Papua dan Papua Barat untuk berkomunikasi dengan para seniornya dalam menyelesaikan persoalan yang ada. Sebagai senior, Freddy mengklaim akan membantu dan membimbing pemuda-pemuda Papua dan Papua Barat.

Menurutnya, sikap serupa juga perlu dilakukan para pemuda dari daerah lain. Dengan demikian, lanjutnya, dia yakin manfaat positif yang diperoleh akan bermanfaat bagi seluruh elemen bangsa.

"Saya yakin negeri akan makmur," ujarnya.
Di kesempatan yang sama, Freddy meminta masyarakat Papua agar tidak termakan informasi yang bisa mengadu-domba. Misalnya tentang pemberian kemerdekaan Papua di masa silam.

Dia menegaskan bahwa Belanda tidak pernah menghendaki Papua merdeka. Belanda, lanjutnya, sebatas menjadikan Papua sebagai provinsi agar bisa berkuasa di kawasan Asia saat itu.

Freddy tak menjelaskan secara spesifik rujukan literatur ketika mengatakan itu. Ia hanya mengatakan informasi tersebut merupakan bagian dari sejarah yang harus dipahami dengan baik agar tidak mudah diadu domba oleh pihak lain.

"Mana ada Belanda mau bikin Papua merdeka itu, itu mimpi itu. Dia jadikan Papua sebagai provinsi di seberang lautan, iya," ujar Freddy.
[Gambas:Video CNN] (jps/bmw)