Anies Harap Pawai Obor Elektrik Dijaga dan Dikembangkan

CNN Indonesia | Sabtu, 31/08/2019 21:12 WIB
Anies Harap Pawai Obor Elektrik Dijaga dan Dikembangkan Gubernur DKI Anies Baswedan di acara Jakarta Muharram Festival di Bundaran HI, Jakarta, 31 Agustus. (CNN Indonesia/ CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berharap pawai obor di acara peringatan Tahun Baru Islam bisa dijaga dan dikembangkan.

"Kita semua menyadari obor bagian dari tradisi kita. Kita mau kirim pesan malam ini, yaitu perpaduan ekspresi modern dan tradisi bersama memperkuat tali tradisi," tutur Anies di tengah pidato pembukaan acara, di Bundaran HI, Jakarta, Sabtu (31/8) malam.

Anies menyatakan pihaknya baru pertama kali menggelar festival ini. Ia juga menambahkan bahwa pawai obor elektrik ini merupakan salah satu tradisi DKI Jakarta.


"Insya Allah tradisi obor bukan hanya kita jaga, Insya Allah kita kembangkan dengan perkembangan jaman," tutur Anies.

Pawai obor listrik jadi salah satu pertunjukan yang meramaikan pembukaan Jakarta Muharram Festival, perayaan Tahun Baru Islam yang diselenggarakan oleh Pemprov DKI Jakarta bersama Trans Media.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, dalam festival itu setidaknya 2.600 peserta pawai dari lima wilayah di DKI Jakarta berjajar menyusuri Jalan MH. Thamrin dengan membawa obor elektrik; berbentuk obor yang memiliki batang dengan kepala lampu yang ditutup bahan transparan hingga menyala merah bak api sungguhan.

Peserta pawai mulai memadati area jalan depan Gedung Sarinah sejak pukul 19.30 WIB dan sampai di Bundaran HI. Mereka kompak memakai baju adat betawi berwarna putih dengan sarung bermotif dikalungkan di leher beserta beberapa atribut adat betawi lainnya.

Barisan depan pawai dipimpin oleh grup marching band berbaju merah, celana kuning dan ikat kepala putih.

Sambil berjalan menuju Bundaran HI, peserta pawai beramai-ramai menyanyikan seruan dan yel-yel berbunyi "Jakarta milik kita".

Sampai di Bundaran HI, peserta pawai disambut oleh pertunjukan dari musisi Indonesia Pasha dan Tantri menyanyikan lagu berjudul 'Assalamualaikum'. Acara kemudian dibuka oleh pidato dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Selanjutnya acara akan diisi dengan pertunjukan dari sejumlah musisi Indonesia seperti Kotak, Potret, Wali, dan masih banyak lagi.

[Gambas:Video CNN] (fey/arh)