Doa Jokowi di Tahun Baru Islam, Maju dalam Keberagaman

CNN Indonesia | Minggu, 01/09/2019 22:34 WIB
Doa Jokowi di Tahun Baru Islam, Maju dalam Keberagaman Dalam ucapannya, Presiden Jokowi mendoakan agar Indonesia bisa menjadi bangsa yang maju dalam keberagaman. (REUTERS/Willy Kurniawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan ucapan selamat Tahun Baru Islam 1441 Hijriah melalui akun media sosialnya antara lain instagram dan twitter @jokowi.

Ucapan selamat tahun baru itu diunggah di akun Twitter dan Instagram pada Minggu malam sekitar pukul 20.12 WIB.

Dalam unggahan yang menampilkan gambar mosaik kubah masjid berlatar belakang warna biru tersebut, sang kepala negara pun menyampaikan harapan dan doanya untuk bangsa Indonesia pada tahun 1441 Hijriah.


"Semoga kita semua semakin berlimpah keberkahan, bertabur kebaikan, dan menjadi bangsa yang maju dalam keberagaman," tulis Jokowi singkat di akun media sosialnya.



Pergantian tahun hijriah berlangsung pada tengah malam tadi di mana pada Minggu (1/9) sama dengan 1 Muharram 1441 Hijriah hari ini.

Pergantian tahun baru Islam itu diperingati muslim di seluruh Indonesia dengan berdoa dan bersuka cita semalam. Salah satunya di Jakarta, lewat Jakarta Muharram Festival di kawasan Bundaran HI.

Gubernur DKI Anies Baswedan pun mengaku senang karena festival yang menandai bakal masuknya Tahun Baru Islam 1441 Hijriah itu bisa menjadi ladang manfaat bagi masyarakat dengan latar ekonomi rendah.

"Manfaat dari kegiatan ini dirasakan sampai mereka yang paling bawah. Mereka dengan tingkat sosial ekonomi masih lemah. Tetapi dengan kegiatan seperti ini mereka ikut merasakan manfaat ekonomi yang amat besar," ujar Anies dalam pidato pembukaan Jakarta Muharram Festival.

Sementara itu di Kediri, Jawa Timur, ribuan santri dari kota tersebut mengikuti pawai taaruf memperingati tahun baru 1441 hijriah semalam.

"Mudah-mudahan ini menjadi awal yang baik bersama-sama menjadikan Kota Kediri yang unggul dan makmur dalam harmoni," kata Wali Kota kediri Lilik Muhibbah seperti dilansir Antara.


Sementara itu di Banda Aceh, anak-anak sekolah di ibu kota provinsi Aceh tersebut mengikuti pawai 1 Muharram yang diawali dari Lapangan Blangpadang.

"Pawai ini mengajak anak-anak yang merupakan generasi penerus bangsa untuk lebih mencintai kegiatan-kegiatan Islami serta menjadi insan Qurani," ujar Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman.

Aminullah pun mengajak warganya menjadikan awal tahun baru Islam 1 Muharram sebagai momentum untuk melakukan introspeksi dan perbaikan diri.

Di Kabupaten Biak Numfor, papua, warga muslim di sana menggelar doa dan zikir bersama di sejumlah masjid dalam rangka menyambut 1 Muharram 1441 Hijriah

Salah satunya di Masjid Agung Baiturahman Biak, doa zikir bersama menyambut perayaan tahun baru Islam 1 Muharram 1441 Hijriah dipimpin imam besar masjid Ustaz Abdul Wahid. Begitupun di Masjid Al Huda Kompleks Perum Bulog, Kelurahan Mandala, Distrik Biak Kota yang dipimpin Ustaz Riyanto.

"Harapan jamaah Muslim di tahun baru Islam 1 Muharram 1441 Hijriah semoga Allah SWT senantiasa memberikan keberkahan rejeki, kesehatan badan, serta menjaga keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT," kata Ustaz Riyanto.


[Gambas:Video CNN] (kid, Antara/kid)