Tawuran Warga di Stasiun Manggarai Ganggu Perjalanan KRL

CNN Indonesia | Rabu, 04/09/2019 19:15 WIB
Tawuran Warga di Stasiun Manggarai Ganggu Perjalanan KRL Ilustrasi tawuran. (ANTARA FOTO/Rony Muharrman).
Jakarta, CNN Indonesia -- Tawuran antarwarga terjadi di sekitar Manggarai, Jakarta Selatan pada pukul 16.41 WIB, Rabu (4/9). Tawuran ini membuat perjalanan KRL Commuter Line terganggu.

Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Bastoni Purnama mengatakan tawuran terjadi saat pihak Kecamatan dan Kelurahan akan mengadakan pertemuan di JPO Jayakarta Menteng Tenggulun.

Dua kelompok yang terlibat tawuran, yakni warga Magazen Manggarai Selatan dan warga Menteng Tenggulan.


"Tiba-tiba warga dari Magazen kelurahan Manggarai Selatan menyerang melalui Stasiun Manggarai dengan menggunakan petasan dan batu dan terjadilah tawuran di atas jalur kereta api stasiun Manggarai," kata Bastoni dalam keterangannya, Rabu (4/9).

Sekitar pukul 17.05 WIB, tawuran yang terjadi di atas perlintasan kereta api itu bubar setelah polisi menembakkan gas air mata. Saat itu, warga yang terlibat tawuran juga mulai diarahkan untuk kembali ke rumah masing-masing.

"Dapat dihentikan dengan tembakan gas air mata," ujar Bastoni.
Namun, pada pukul 17.07 WIB, tawuran kembali pecah di JPO Jayakarta.

"Pada pukul 17.20 WIB, massa bisa dihalau oleh Petugas dari Polsek Menteng dibantu anggota Koramil 01 Menteng, massa didorong kembali ke wilayah masing masing," ujar Bastoni.

Akhirnya pada pukul 17.40 WIB, situasi di lokasi sudah mulai aman dan kondusif.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Metro Jaksel Kompol Andi Sinjaya menuturkan sampai saat ini tidak ada korban jiwa akibat tawuran itu.

"Sementara tidak ada, situasi sudah kondusif dan anggota polres dan polsek masih stand by di lokasi," ucapnya.

Atas insiden tawuran itu, perjalanan KRL yang melintas di Stasiun Manggarai sempat terganggu.

VP Corporate Communication PT KCI Anne Purba mengatakan perjalanan KRL terkendala mulai pukul 16.39 WIB.

Namun, setelah tawuran mereda, KRL bisa kembali melintas mulai pukul 17.24 WIB.
Kejadian ini sempat mengganggu perjalanan KRL yang melintas Stasiun Manggarai sebagai stasiun transit.

VP Corporate Communication Kereta Commuter Indonesia Anne Purba mengatakan, usai tawuran mereda, sejak pukul 17.24 WIB, KRL yang hendak melintas Stasiun Manggarai dapat melanjutkan perjalanan.

"Namun dampak dari kendala sebelumnya, saat ini terjadi antrian KRL yang akan berangkat maupun tiba di Stasiun Manggarai," kata Anne dalam keterangan tertulis.

"Dampak dari peristiwa ini juga terdapat kepadatan pengguna di sejumlah stasiun," kata Anne.

Selain mengganggu perjalanan KRL, Anne menambahkan, salah satu KRL yang terpaksa berhenti di dekat lokasi tawuran terkena imbas lemparan berbagai macam benda. Lemparan itu ada yang mengenai bagian power suplai kompresor yang bertegangan tinggi sehingga menimbulkan percikan api.

"Petugas kemudian dengan sigap memadamkannya. Namun kereta tersebut telah melanjutkan perjalanan ke Dipo Bukit Duri untuk pemeriksaan teknis," ucapnya.

[Gambas:Video CNN] (dis/osc)