Polisi Kerahkan 43 SSK ke Papua dan Papua Barat

CNN Indonesia | Kamis, 05/09/2019 08:05 WIB
Polisi Kerahkan 43 SSK ke Papua dan Papua Barat Polri mengirim 43 SSK atau sekitar 4.300 personel ke Papua dan Papua Barat. (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)
Jakarta, CNN Indonesia -- Polri mengerahkan sebanyak 43 Satuan Setingkat Kompi (SSK) untuk menjaga situasi keamanan di Papua dan Papua Barat. Rinciannya, 13 SSK di Papua Barat dan 30 SSK personil di Papua.

Diketahui, satu SSK berjumlah sekitar 100 personel sehingga personel Polri yang dikirim ke Papua dan Papua Barat berjumlah sekitar  4.300 personel.

"Papua Barat 13 SSK (Satuan Setingkat Kompi) dan Papua 30 SSK," ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigadir Jenderal Polisi Dedi Prasetyo saat dihubungi CNNIndonesia.com.


Meski demikian Dedi enggan merinci dari mana saja personel yang dikirimkan untuk Papua dan Papua Barat tersebut.

"Enggak hafal saya," tuturnya.

Dedi mengatakan kepada di Papua dan Papua Barat sudah damai dan kondusif. Kegiatan masyarakat juga sudah mulai berjalan seperti biasa. Begitu juga dengan pendidikan dan kegiatan perekonomian.

Renovasi dan perbaikan fasilitas umum yang dirusak saat aksi unjuk rasa pun tengah dilakukan.

"Papua Barat untuk pertama kali, hari ini sangat kondusif. Artinya bahwa seluruh kegiatan masyarakat sudah berjalan dengan normal kembali, sentra-sentra ekonomi, pasar-pasar juga sudah normal kembali, kemudian aktivitas anak-anak, proses belajar mengajar pun demikian sudah berangsur-angsur membaik," tuturnya.

Sebelumnya diberitakan sejumlah polda mengirim bantuan personel Brimob ke Papua. Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyebut ada 300 personel Brimob yang diperbantukan ke bumi cenderawasih.

Sementara dari Polda Kalimantan Barat ada 180 personel, Polda Sumatera Utara 500 personel, Polda Kepulauan Riau 252 personel, Polda Sumatera Selatan 250 personel, Polda Maluku Utara 200 persoenl, Polda Sulawesi Utara dan Polda Sulawesi Selatan 400 personel, dan Polda Sulawesi Tenggara 100 persoenl.

[Gambas:Video CNN] (gst/arh)