Tiga Terduga Teroris di Palu Diduga Ingin Gabung Ali Kalora

CNN Indonesia | Jumat, 06/09/2019 03:44 WIB
Tiga Terduga Teroris di Palu Diduga Ingin Gabung Ali Kalora Karopenmas Polri Brigjen Dedi Prasetyo menyebut tiga terduga teroris ingin gabung Ali Kalora. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tiga terduga teroris yang diamankan di Palu, Sulawesi Tengah, diduga ingin bergabung dengan kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) pimpinan Ali Kalora.

Ketiganya ditangkap pada Selasa (3/9) di lokasi yang berbeda. Mereka adalah CA alias Enal ditangkap di Jalan Trans Sulawesi, Sulteng, sekitar pukul 13.40 WITA; A bin U alias Angga ditangkap di Jalan Benteng; dan AS alias Putra alias Siregar ditangkap di Jalan Malaya sekitar pukul 23.00 WITA.

"Keterlibatan tiga tersangka adalah akan bergabung ke kelompok Mujahidin Indonesia Timur pimpinan Ali Kalora," ujar Karo Penmas Polri Brigadir Jenderal Polisi Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (5/9).


Dedi mengatakan tiga orang tersebut justru bukan berasal dari Palu ataupun Sulawesi Tengah. Mereka merupakan penduduk provinsi lain yang justru datang ke Palu.

Ia sendiri mengaku belum mengetahui siapa yang membawa ketiganya ke Palu. Dia juga belum mengetahui apakah ketiganya saling kenal atau tidak.

"Mereka ini bukan hanya berasal dari Sulawesi Tengah tapi ketiga tersangka berasal dari luar Sulteng, CA asal dari Sultra, A bin U asal dari Sulsel, dan AS alias Putra alias Siregar asalnya dari Medan. Semuanya berasal di luar Sulteng," tuturnya.

Hingga kini, kata Dedi, Detasemen Khusus 88 masih melakukan pendalaman terhadap ketiganya.

[Gambas:Video CNN] (gst/arh)