Polisi Kantongi Identitas Pemotor Serang Pejalan Kaki Trotoar

CNN Indonesia | Senin, 09/09/2019 13:40 WIB
Polisi Kantongi Identitas Pemotor Serang Pejalan Kaki Trotoar Ilustrasi. (CNN Indonesia/Patricia Diah Ayu Saraswati)
Jakarta, CNN Indonesia -- Polisi menyatakan telah mengantongi identitas pengendara motor yang melakukan penyerangan terhadap pejalan kaki di salah satu trotoar di Jakarta Pusat.

Aksi pengendara motor itu diketahui terekam dalam sebuah video dan tersebar di media sosial. Diduga peristiwa itu terjadi di trotoar yang terletak di Jalan KH Wahid Hasyim, Jakarta Pusat.

"Data dan identitasnya sudah kita dapati," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Harry Kurniawan saat dikonfirmasi, Senin (9/9).


Namun, Harry enggan membeberkan identitas pengendara motor itu. Ia hanya menyebut bahwa pihaknya akan segera mengamankan pengendara motor tersebut. Selain itu, Harry mengungkapkan pihak korban sampai saat ini belum membuat laporan atas insiden yang menimpanya.

"Korban belum membuat laporan," ujarnya.

Sementara itu, Kasubditgakkum Ditlantas Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar M Nasir mengatakan secara aturan pengendara motor itu telah melanggar rambu lalu lintas. Pasalnya, trotoar tidak diperuntukkan bagi kendaraan bermotor.

"Itu secara undang-undang lalu lintas melanggar rambu karena penggunaan pedestrian itu bukan untuk kendaraan bermotor," ucap Nasir di Mapolda Metro Jaya, Senin (9/9).

Namun untuk aksi penyerangannya, kata Nasir, masuk ke dalam ranah tindak pidana umum. Artinya, lanjut Nasir, jika ada laporan masyarakat perihal aski penyerangan itu bakal ditindaklanjuti pihak kepolisian.

Nasir menuturkan pihaknya telah rutin melakukan penertiban pengendara sepeda motor yang melintas di atas trotoar. Penertiban itu dilakukan bersama Dinas Perhubungan sejak tiga bulan terakhir.

[Gambas:Instagram]
"Sudah hampir tiga bulan ini lah gabung dengan Dishub DKI, nanti anggota saya dari gakkum ada sekitar 14 orang melekat di sana, setiap hari, pagi, sore," tutur Nasir.

Sebelumnya, rekaman aksi pengendara motor itu salah satunya diunggah akun Instagram @koalisipejalankaki. Dalam unggahannya, akun itu turut menyertakan informasi bahwa kendaraan roda dua itu memiliki nomor polisi B 3525 KSY. Data kendaraan yang merujuk pada nomor polisi motor itu pun telah tersebar di media sosial.

Dalam video yang terekam tersebut, terdengar salah satu anak dari pejalan kaki menangis. Salah satu perempuan pejalan kaki yang terekam pun meneriakkan ke pemotor tersebut bahwa wajar sang anak berlari-lari kecil karena berada di atas trotoar.

'Pengendara motor barbar. Berkendara di atas trotoar, menyerempet dan menyerang pejalan kaki,' demikian keterangan dalam akun Instagram itu.

[Gambas:Video CNN] (dis/kid)