Laga Indonesia Vs Thailand, Polisi Larang Suporter Bawa Botol

CNN Indonesia | Selasa, 10/09/2019 07:31 WIB
Laga Indonesia Vs Thailand, Polisi Larang Suporter Bawa Botol Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono. (CNN Indonesia/ Patricia Diah Ayu Saraswati)
Jakarta, CNN Indonesia -- Polisi memperketat pengamanan terhadap barang bawaan para suporter yang akan menyaksikan pertandingan timnas Indonesia versus Thailand pada kualifikasi Piala Dunia 2022 di Stadion Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta, Selasa (10/9).

Salah satu barang yang dilarang, selain benda-benda membahayakan seperti senjata tajam adalah membawa botol minuman kemasan ke dalam stadion.

"Kita akan perketat untuk penonton, untuk kita lakukan pemeriksaan, jangan sampai membawa senjata tajam ataupun yang di kemasan plastik yang ada nettony, kita tidak memperbolehkan membawa masuk," tutur Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono di Mapolda Metro Jaya, Senin (9/9).


Berkaca pada pertandingan Indonesia vs Malaysia pada Kamis (5/9) lalu, Argo menyebut pihak kepolisian juga bakal melakukan pemantauan terhadap suporter. Terutama suporter yang terindikasi sebagai provokator.

"Semuanya sudah kita identifikasi, kalau memang ada penonton yang merupakan provokator, yang merusak atau membuat ricuh, nanti kita pantau," ujar Argo.

Argo mengungkapkan pada pertandingan hari ini, Polda Metro menerjunkan 10ribu personel gabungan TNI-Polri. Sama seperti sebelumnya, pengamanan juga akan dibagi ke dalam empat ring.

Ring pertama di dalam stadion, ring kedua di luar stadion dan sekitar SUGBK. Lalu, ring ketiga di pintu masuk arah stadion, dan ring keempat di jalan-jalan menuju SUGBK.

Selain itu, pihak kepolisian juga bakal melakukan pengawalan terhadap suporter Thailand sejak dari bandara menuju hotel. Selain itu, pengawalan juga dilakukan dari hotel menuju SUGBK.

"Semuanya sudah kita plot, sudah kita lakukan rencana pengamanan, kita juga sudah komunikasi dengan PSSI seperti apa pengamanannya," ucap Argo.

Argo mengakui pengamanan hari ini pihak kepolisian melakukan koordinasi dengan pihak PSSI. Selama ini, menurutnya, tidak pernah ada koordinasi dengan PSSI.

"Sekarang (koordinasi dengan PSSI) kita lakukan karena ini event internasional," katanya.

Lebih lanjut, Argo mengimbau kepada suporter Indonesia untuk menonton secara tertib dan tidak menimbulkan kerusuhan antar suporter.

"Kita berharap kepada penonton menjadi penonton yang baik, kemudian bisa dicontoh negara lain. Jangan sampai kita berbuat, kita akan mendapat sanksinya. Kita tunjukkan sportivitas sebagai tuan rumah yang layak dan baik," ujarnya.

Sebelumnya, kerusuhan sempat terjadi di SUGBK seusai pertandingan timnas Indonesia VS Malaysia yang berakhir kekalahan bagi Indonesia dengan skor 2-3 pekan lalu.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com di kawasan SUGBK pekan lalu, kericuhan terjadi antara pendukung Timnas Indonesia dengan petugas kepolisian usai pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022.

Polisi bahkan sempat menembakkan gas air mata dari pintu masuk VVIP ke arah pendukung yang berada di Gate 1.

Malam ini, Timnas Indonesia akan melakoni laga kedua Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 menghadapi Thailand di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Selasa (10/9) malam WIB. Jadwal kick-off timnas Indonesia versus Thailand adalah pukul 19.30 WIB.

[Gambas:Video CNN]

(dis/kid)