Fahri Hamzah Akui Tengah Siapkan Partai Gelora

CNN Indonesia | Selasa, 10/09/2019 16:02 WIB
Fahri Hamzah Akui Tengah Siapkan Partai Gelora Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah bakal deklarasikan Partai Gelombang Rakyat (Gelora) (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mengaku tengah mempersiapkan Partai Gelombang Rakyat (Gelora) untuk dideklarasikan sebagai partai politik baru. Fahri dan para simpatisannya masih melakukan berbagai persiapan.

Diketahui, selama ini Fahri diketahui tengah memperkuat ormas Gerakan Arah Baru Indonesia (Garbi) dan mempersiapkannya menjadi partai politik.

"Ya kan belum, tapi persiapan [pembentukan] kita lakukan," kata Fahri saat ditemui di Kompleks MPR/DPR, Jakarta, Selasa (10/9).


Fahri sendiri masih belum mau bicara lebih banyak terkait pembentukan Partai Gelora itu. Profil, tujuan, dan visi misi partai tersebut pun tak dia beberkan.

Dia hanya meminta doa kepada masyarakat agar persiapan pembentukan partai Gelora bisa berjalan dengan lancar.

"Mudah-mudahan, supaya lancar gitu ya," kata dia.
Diketahui, Fahri turut menggagas pembentukan organisasi Gerakan Arah Baru Indonesia (Garbi) setelah dinyatakan bukan lagi anggota Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Banyak pihak memprediksi Garbi bakal menjadi partai politik. Fahri pun tak pernah menampik itu.

"Setelah lebih dari 1 tahun bergerak ke seluruh Indonesia, kami mendapatkan aspirasi yang kuat dari teman-teman agar gerakan pemikiran yang dimulai oleh Garbi di seluruh indonesia bisa kita teruskan menjadi sebuah gerakan politik berbentuk sebuah parpol," kata Fahri kepada CNNIndonesia.com, Kamis (11/7).

Bahkan, sering tampak bendera Garbi berkibar saat Prabowo Subianto-Sandiaga Uno berkampanye pada Pilpres 2019 lalu. Namun, Garbi tak kunjung dideklarasikan sebagai partai politik baru.

Seiring berjalannya waktu, beredar logo Partai Gelora di media sosial. Logo itu sempat diunggah akun Twitter @GarbiJakarta pada Jumat (19/7) lalu.
Fahri masih belum mau bicara banyak ketika dipertegas soal maksud akun @GarbiJakarta mengunggah foto logo Partai Gelora. Dia mengatakan itu adalah hasil kreativitas dari pendukung atau simpatisan Garbi yang belum disepakati.

Menurutnya, beredarnya logo dan nama Partai Gelora itu juga bagian dari dinamika dalam ormas Garbi. Pihaknya saat ini tengah menampung semua usulan dari para pendukung dan simpatisan.

"Itu dinamika. Sekarang sistem kita bottom up, arus bawah," kata Fahri.

Terpisah, inisiator Garbi yang lain, Tubagus Arif menyampaikan bahwa perubahan Garbi menjadi partai politik masih dalam proses hingga saat ini. Masih dalam tahap menampung berbagai usulan dan belum menetapkan nama yang akan digunakan.

"Sampai saat ini masih diperbincangkan. Kalau ada personal mau mengusulkan pendapat boleh saja, nama belum diputuskan," katanya.
[Gambas:Video CNN] (rzr/bmw)