JK Besuk BJ Habibie di RSPAD

CNN Indonesia | Selasa, 10/09/2019 19:46 WIB
JK Besuk BJ Habibie di RSPAD Wapres Jusuf Kalla. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Presiden Jusuf Kalla menjenguk Presiden ke-3 Indonesia BJ Habibie di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Selasa (10/9). Iring-iringan pengawalan Jusuf Kalla mulai masuk ke area rumah sakit sekitar pukul 18.20 WIB.

Jusuf Kalla tak menemui awak media. JK langsung ke ruang perawatan intensif Habibie di Cerebro Intensive Care Unit (CICU) Paviliun Kartika di RSPAD Gatot Soebroto.

Para wartawan yang menunggu di bawah tangga dan depan lift penghubung ke ruangan BJ Habibie tak mendapati JK keluar. Tapi berselang 15 menit setelah itu, salah satu tim Humas Kesekretariatan Wakil Presiden mengabarkan bahwa Kalla telah selesai membesuk Habibie.

Kunjungan Kalla itu kemudian dikonfirmasi oleh anak bungsu BJ Habibie, Thareq Kemal Habibie di tengah konferensi pers yang berlangsung sekitar pukul 18.45 WIB. Ia mengungkapkan sempat menerima Kalla sebelum wakil presiden RI memasuki ruangan sang ayah.


"Saya hanya menjemput di luar, saya yang bawa masuk lalu di dalam dengan kakak saya. Saya rasa, Pak JK juga mengabarkan apa yang terjadi. Cuma sebentar, 5 menit di sana. Sempat ke ruangan, pakai masker juga," kataThareq di tengah konferensi pers di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Selasa (10/9).

Thareq mengatakan orang-orang yang bisa masuk ke ruang perawatan ayahnya memang dibatasi, termasuk untuk anggota keluarga.

"Keluarga saja tidak semua masuk, hanya anak dan cucu. Keponakan tidak bisa sembarang masuk," tutur dia.

Sebelumnya, sejumlah tokoh hari ini tampak menjenguk Habibie antara lain Presiden ke-6 Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono, anggota Dewan Pertimbangan Presiden Subagyo Hadi Siswoyo, Menteri Kesehatan Nila Moeloek, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Hamdan Zulva dan mantan menteri era Soeharto, Theo L Sambuaga.

Semua yang berkunjung mengajak seluruh pihak untuk mendoakan kesembuhan dan kesehatan B.J. Habibie. Beberapa bisa melihat langsung kondisi Habibie, sebagian lainnya hanya bisa menyaksikan dan memantau dengan pembatas kaca.
[Gambas:Video CNN] (ika/sur)