Suharso Sebut Selang-selang di Tubuh Habibie Sudah Dilepas

CNN Indonesia | Rabu, 11/09/2019 14:09 WIB
Suharso Sebut Selang-selang di Tubuh Habibie Sudah Dilepas Politikus PPP Suharso Monoarfa seusai jenguk BJ Habibie di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Rabu (11/9). (CNN Indonesia/Nurika manan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Suharso Monoarfa mengungkap sejumlah selang yang terpasang di tubuh Presiden ketiga RI Bacharuddin Jusuf Habibie sudah dilepas.

"Saya bukan dokter, tapi saya melihat kondisinya mulai stabil, semoga berangsur pulih. Dan selang-selang sudah banyak yang dikeluarkan, untuk membantu pernapasan beliau," kata dia, seusai menjenguk Habibie di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Rabu (11/9).
Menurut Suharso, kondisi Habibie kini terlihat lebih baik dibanding sebelumnya. Misalnya, bisa menggerakkan mata dan memberi isyarat untuk memanggil seseorang.

Ia juga membenarkan bila selama ini Habibie memiliki banyak aktivitas. Suharso bahkan mengaku sempat beberapa kali menemani Habibie.
"Kadang mengundang saya untuk mendengarkan pendapat-pendapatnya. Apakah di Jakarta, atau di luar negeri. Karena kami sering update di berbagai negara. Jadi beliau cukup lelah dan capek juga. Seharusnya tanggal 21 Agustus beliau ada di Eropa," tutur Suharso.


Pernyataan senada sempat diungkapkan bungsu Habibie, Thareq Kemal Habibie. Ia mengatakan sang ayah didera aktivitas yang kelewat tinggi sebelum akhirnya terbaring di rumah sakit.

[Gambas:Video CNN] (ika/arh)