FOTO: Mengenang BJ Habibie, Bapak Teknologi Indonesia

AFP, , CNN Indonesia | Rabu, 11/09/2019 18:59 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Semasa hidupnya, BJ Habibie dikenal sebagai seorang teknokrat yang melahirkan karya besar, salah satunya adalah pesawat N250.

Presiden RI ke-3 Burhanudin Jusuf Habibie semasa hidupnya memiliki spesialisasi keilmuan konstruksi pesawat terbang. Pada 1995 ia berhasil memimpin pembuatan pesawat N250 Gatot Kaca yang merupakan pesawat buatan Indonesia pertama. (Detikcom/Hasan Alhabshy)
Pada 1 September 1996, BJ Habibie yang saat itu menjabat menjadi Menristek, menaiki motor di samping Presiden Soeharto. Sempat berkarier di Jerman, Habibie dibawa pulang oleh Soeharto dan kemudian didaulat menjadi Menristek pada 1978. (AFP PHOTO/AGUS LOLONG) 
BJ Habibie ketika menyambut pemimpin Palestina Yasser Arafat di Bandara Halim Perdanakusumah. Habibie pada 1998 sempat menjadi wapres mendampingi Soeharto, lalu kemudian menduduki posisi nomor satu di Indonesia setelah Soeharto lengser. (AFP PHOTO)
BJ Habibie juga memiliki mahakarya lainnya yaitu teori crack propagation point atau letak titik awal retakan pada pesawat, penemuan yang sangat besar di dunia penerbangan. Ia pun dikenal dengan julukan Mr. Crack berkat buah pemikirannya tersebut. (AFP PHOTO/KEMAL JUFRI) 
BJ Habibie pada 21 Mei 1998 tengah menjawab telepon genggamnya. Saat itu ia baru saja menjabat sebagai presiden dan tengah bersiap-siap untuk berpidato untuk kali pertama di depan publik. Di pidatonya Habibie berjanji untuk meneruskan reformasi. (AFP PHOTO/AGUS LOLONG)
Pada HUT RI ke-54 pada 17 Agustus 1999, BJ Habibie bernyanyi bersama Wiranto dan beberapa penyanyi perempuan di Istana Merdeka. (Photo by AGUS LOLONG / AFP)
Pada 1990, Habibie menulis dalam Sophisticated technologies: taking root in developing countries-International journal of technology management. Pemikiran Habibie pada 29 tahun silam tersebut sudah menyinggung soal keharusan berpijak pada riset dan teknologi. (AFP PHOTO)
BJ Habibie ketika menghadiri pelantikan Susilo Bambang Yudhoyono di Gedung DPR RI Jakarta, pada 20 Oktober 2009. (AFP PHOTO / Bay ISMOYO)
BJ Habibie menyematkan medali pada istrinya Hasri Ainun di Istana Negara pada 14 Agustus. Kisah cinta Habibie dan istrinya sendiri sempat diabadikan menjadi film Habibie dan Ainun. Semasa hidupnya ia dikenal sangat menyayangi istrinya. (AFP PHOTO/AGUS LOLONG) 
Mantan Presiden RI Ke-3 BJ Habibie ziarah mengunjungi makam istrinya, Ainun Habibie di TMP Kalibata, Jakarta, 5 Juni 2019. Keluarga Habibie pernah menyatakan bahwa Habibie akan dimakamkan di samping mendiang istrinya. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Di akhir bulan Ramadan, BJ Habibie memukul gong di Masjid Istiqlal pada 18 Januari 1999. (AFP PHOTO/AGUS LOLONG) 
BJ Habibie menyeka wajahnya saat bertemu dengan atlet-atlet Indoensia yang akan berkompetisi di SEA Games 1999 di Jakarta. (NUR / AFP)