Kerabat Mulai Berdatangan ke Rumah Duka BJ Habibie

CNN Indonesia | Rabu, 11/09/2019 19:25 WIB
Kerabat Mulai Berdatangan ke Rumah Duka BJ Habibie Kediaman B.J. Habibie di Patra Kuningan, Jakarta Selatan. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia -- Rumah duka Bacharuddin Jusuf Habibie di Patra Kuningan, Jakarta mulai disiapkan untuk menerima kedatangan jenazah sang empunya serta saudara dan kerabat setelah mantan Presiden Indonesia ke-3 tersebut wafat pada pukul 18.05 WIB tadi, Rabu (11/10).

Pantauan CNNIndonesia.com, sejumlah pegawai mulai bergegas untuk menyiapkan berbagai hal. Tenda juga akan lekas di pasang di depan rumah Habibie.

Sejauh ini, adik kandung Habibie, yakni Sri Sudarsono sudah tiba. Dia langsung masuk ke dalam rumah.


Sementara itu, awak media masih belum diperkenankan masuk ke dalam. Sejumlah pegawai masih sibuk mempersiapkan berbagai hal.
Belum ada tokoh-tokoh nasional yang mendatangi kediaman Habibie.

Presiden Indonesia ke-3 Bacharuddin Jusuf Habibie meninggal dunia di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD), Jakarta. Wafat pada pukul 18.05 Rabu (11/10).

"Bapak sudah tidak ada pada pukul 18.05 WIB," ujar putra Habibie Thareq Kemal kepada wartawan.
Habibie sebelumnya dirawat di ruang Cerebro Intensive Care Unit (CICU) Paviliun Kartika RSPAD sejak 1 September 2019. Ketua Tim Dokter Kepresidenan (TDK) Prof. dr. Azis Rani melalui keterangan resmi pada Senin (9/9) menyebutkan Habibie ditangani tim dokter spesialis dengan berbagai bidang keahlian, seperti jantung, penyakit dalam, dan ginjal.

"Dalam perawatan sekarang diperlukan pengobatan yang komprehensif, mencakup berbagai gangguan organ yang terjadi," kata Azis dalam keterangan tertulis.

Habibie meninggalkan dua anak, yaitu Ilham Akbar dan Thareq Kemal. Sementara istrinya, Hasri Ainun Besari telah meninggal dunia pada 2010 di Jerman.

Presiden Joko Widodo sudah menyampaikan bela sungkawa atas kepergian Habibie di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat. Habibie dirawat di RSPAD sejak 1 September 2019 lalu.

"Innalillahi wainnailihi rojiun, perkenankan saya atas nama seluruh rakyat Indonesia dan pemerintah menyampaikan duka mendalam. Menyampaikan bela sungkawa yang mendalam atas berpulangnya ke rahmatullah bapak Profesor BJ Habibie tadi jam 18.05," ujar Jokowi di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, Rabu (11/9).
[Gambas:Video CNN] (mjo/bmw)