Ucapan Duka Cita untuk Habibie, dari Menteri Hingga Ketua KPK

CNN Indonesia | Rabu, 11/09/2019 19:46 WIB
Ucapan Duka Cita untuk Habibie, dari Menteri Hingga Ketua KPK Presiden RI ke-3, BJ Habibie. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay).
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyampaikan duka cita atas meninggalnya Presiden RI ke-3 BJ Habibie. Tjahjo menyatakan bangsa Indonesia telah kehilangan Habibie yang selama ini dikenal sebagai sosok pemikir dan pengayom.

"Innalilahi wainaillahihi rojiun, telah wafat Bapak BJ Habibie Presiden RI ke-3, semoga almarhum husnul khotimah. Kita semua kehilangan sosok pemikir, pengayom dari beliau, yang selama ini pikiran, tenaga beliau dicurahkan untuk kemajuan bangsa dan negara," ujar Tjahjo melalui keterangan tertulis, Rabu (11/9).

Tjahjo menuturkan, Habibie selama ini dikenal bukan saja hanya sebagai sosok teknokrat kelas dunia melainkan juga negarawan yang diteladani bangsa Indonesia.

Ia meminta masyarakat Indonesia turut mendoakan Habibie agar diterima di sisi Allah SWT.


"Kita doakan beliau diterima di sisi Allah SWT. Al-fatihah, amin," katanya.
Pernyataan duka cita juga disampaikan Menkominfo Rudiantara. Ia menyebut bangsa Indonesia telah kehilangan negarawan besar sekaligus bapak teknologi kelas dunia.

"Kita sama-sama berdoa agar Pak Habibie husnul khotimah serta kita bacakan Al-fatihah bagi almarhum. Semoga generasi muda kita bisa meneruskan cita-cita almarhum di bidang kedirgantaraan Indonesia," tuturnya.

Menkopolhukam Wiranto juga turut menyampaikan belasungkawa. Menurutnya, Habibie merupakan tokoh nasional yang telah memberikan kontribusi besar bagi Indonesia semasa hidup.

"Kami merasa kehilangan. Beliau (Habibie) ini tokoh nasional yang sudah memberikan kontribusi kepada negeri ini cukup besar," ujar Wiranto.

Pun demikian dengan Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali yang juga merasakan kehilangan mendalam atas berpulangnya Habibie. Apalagi menurut dia, selama ini Habibie merupakan tokoh yang getol menyumbangkan pemikiran untuk negara.

Dia juga mengenal Habibie sebagai sosok yang mengupayakan terciptanya demokrasi dalam setiap kesempatan.

"Hal yang mengesankan dari beliau yaitu di dalam hal-hal demokrasi beliau sangat memperhatikan dan selama beliau punya pendapat, beliau tetap aktif demi bangsa dan negara. Untuk itu kami sangat berduka," ungkap Hatta Ali di RSPAD Gatot Soebroto.

Ucapan duka cita juga datang dari Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Agus Rahardjo. Agus mendoakan agar Habibie husnul khotimah dan diampuni segala kesalahannya.

"Atas nama pribadi dan atas nama seluruh insan KPK, kami menyampaikan duka yg mendalam atas berpulangnya salah satu putra terbaik Indonesia Profesor BJ Habibie. Insyaallah beliau mendapat anugerah husnul khotimah, diampuni segala salah dan khilafnya, dilipatgandakan pahala amal dan ibadahnya, serta mendapat tempat mulia di sisi Allah SWT," ucap Agus.

Sementara Ketua Dewan Pakar Ikatan Alumni Program Habibie, Poempida Hidayatullah juga menyampaikan duka cita atas meninggalnya Habibie.

Poempida mengatakan, semasa hidup Habibie banyak memberi inspirasi pada bangsa dan membangun program beasiswa termasuk untuk dirinya.

"Doa selalu untuk Pak Habibie yang banyak beri inspirasi dan bangun program beasiswa yang saya nikmati hingga menjadi orang terdidik. Ya Allah ya Rabb, berilah tempat terbaik untuk beliau, amin. Selamat jalan Pak Habibie," ucapnya.

Sebelumnya, Habibie meninggal dunia pada pukul 18.05 WIB di RSPAD Gatot Subroto. Habibie tutup usia karena faktor umur dan kegagalan jantung.

Habibie meninggalkan dua anak, yaitu Ilham Akbar dan Thareq Kemal. Sementara istrinya, Hasri Ainun Besari telah meninggal dunia pada 2010 di Jerman.

[Gambas:Video CNN] (psp/osc)