Rute Perjalanan yang Akan Dilalui Rombongan Jenazah Habibie

CNN Indonesia | Rabu, 11/09/2019 20:18 WIB
Rute Perjalanan yang Akan Dilalui Rombongan Jenazah Habibie Bacharuddin Jusuf Habibie (BARBARA WALTON / POOL / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ditlantas Polda Metro Jaya menyiapkan rencana rute untuk iring-iringan pengantaran jenazah mantan presiden Indonesia ketiga Bacharuddin Jusuf Habibie.

Rute tersebut dipersiapkan mulai dari Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto ke rumah duka di Patra, Kuningan. Selain itu, rute juga dipersiapkan untuk iring-iringan dari rumah duka ke Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Rencananya, rute rombongan jenazah dari RSPAD ke rumah duka akan menempuh waktu 26 menit. Berikut rute yang akan dilalui rombongan jenazah:
Jalan Abdul Rahman Saleh-Jalan Prajurit KKO Usman Harun -Jalan Cut Mutia-Jalan Dr GSSJ Ratulangi-Jalan Hos Cokroaminoto-Jalan H.R. Rasuna Said-Jalan Patra kuningan Utara-Jalan Taman Patra Kuningan -Jalan Patra XIII.
Sementara rute dari rumah duka ke TMP Kalibata, Kamis (12/9) diperkirakan akan memakan waktu tempuh 18 menit. Berikut rute iring-ringan pemakaman: Jalan Taman Patra Kuningan-Jalan Patra Kuningan Utara-Jalan Rasuna Said-Jalan Gatot Subroto-Jalan Raya Pasar Minggu-Jalan Raya Kalibata-TMP Kalibata


Selain itu, kepolisian juga menyiapkan rute alternatif dari rumah duka ke TMP Kalibata sebagai berikut: Jalan Taman Patra Kuningan-Jalan Patra Kuningan VII-Jalan Dukuh Patra-Jalan Mandala Raya-Jalan Rasamala Raya-Jalan Gatot Subroto-Jalan Raya Pasar Minggu-Jalan Raya Kalibata-TMP kalibata
Wadirlantas Polda Metro Jaya AKBP I Made Agus mengatakan pihaknya masih menyiapkan rencana jumlah personel untuk pengamanan dan peraturan lalu lintas.

"Masih kita siapkan Renpam Kamseltibcarlantas (Keamanan keselamatan ketertiban kelancaran lalu lintas)nya," kata Agus saat dikonfirmasi, Rabu (11/9).

Berdasarkan pantuan CNNIndonesia.com, di RSPAD Gatot Subroto telah disiapkan mobil jenazah berwarna putih untuk mengantarkan mendiang Habibie ke Rumah Duka di Patra Kuningan, Jakarta Selatan.

Tak hanya mobil jenazah, beberapa pasukan TNI juga tengah bersiap-siap untuk ikut mengantar. Para pelayat juga sudah berkumpul di ruang mawar, Rumah Jenazah RSPAD. Salah satunya yang terlihat melayat yakni Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Ali Mochtar Ngabalin.

Adik kandung Habibie, Sri Soedarsono juga mengatakan, saat ini Habibie tengah dimandikan. Usai itu baru akan di bawa ke rumah duka.

"Iya, ini sedang dimandikan, dan langsung dibawa ke Kuningan (rumah duka di Patra Kuningan)," kata Sri di RSPAD, Jakarta, Rabu (11/9).
kata dia, saat ini, semua pihak keluarga sudah berada di dalam Rumah Jenazah. Mereka semua akan ikut mengantarkan Habibie ke rumah duka.

"Ada anak-anak, saya dan semua keluarganya. Sudah semua di dalam," katanya.

Habibie meninggal dunia pada Rabu (11/9) pukul 18.05 WIB di RSPAD Gatot Subroto. Kabar meninggal ini disampaikan putranya, Thareq Kemal.

Penyebab meninggal ini disebut karena faktor usia dan kinerja jantung yang kian melemah.

"Mohon doanya, mohon pengertian kami dalam keadaan berkabung," katanya.

Habibie sebelumnya dirawat di ruang Cerebro Intensive Care Unit (CICU) Paviliun Kartika RSPAD sejak 1 September 2019. Ketua Tim Dokter Kepresidenan (TDK) Prof. dr. Azis Rani melalui keterangan resmi pada Senin (9/9) menyebutkan Habibie ditangani tim dokter spesialis dengan berbagai bidang keahlian, seperti jantung, penyakit dalam, dan ginjal.

Habibie meninggalkan dua anak, yaitu Ilham Akbar dan Thareq Kemal. Sementara istrinya, Hasri Ainun Besari telah meninggal dunia pada 2010 lalu di Jerman. (dis/bmw)