Cak Imin Minta Seluruh Kader PKB Baca Alfatihah untuk Habibie

CNN Indonesia | Rabu, 11/09/2019 23:13 WIB
Cak Imin Minta Seluruh Kader PKB Baca Alfatihah untuk Habibie Presiden Indonesia ke-3 Bacharuddin Jusuf Habibie (REUTERS)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar mengajak seluruh kader PKB mengirimkan doa dan surat Alfatihah kepada almarhum Presiden RI ke-3 BJ Habibie. Cak Imin, sapaannya, menyebut kepergian Habibie untuk selamanya telah meninggalkan duka bagi seluruh bangsa.

"Kita sangat kehilangan sosok anak bangsa yang jenius, sosok pemimpin yang mengayomi," ujar Cak Imin melalui keterangan, Rabu (11/9).

Habibie diketahui meninggal dunia di RSPAD Gatot Subroto pada pukul 18.05 WIB sore tadi usai menjalani perawatan intensif sejak 1 September lalu.


Cak Imin mendoakan agar amal ibadah Habibie diterima di sisi Allah SWT.

"Saya minta semua kader PKB berkirim doa dan surat Alfatihah, khususon ila BJ Habibie. Semaga amal ibadah beliau diterima di sisi Allah SWT, amin," katanya.
Meski telah wafat, Cak Imin menilai seluruh anak bangsa harus menjadikan Habibie sebagai teladan berperilaku dan tekun dalam menuntut ilmu.

Walaupun lama tinggal di Jerman, menurutnya, Habibie tetap memegang adat istiadat, tradisi, dan etika budaya Indonesia. Habibie juga dinilai sangat peduli terhadap nama baik bangsa Indonesia di mata dunia.

"Kepribadian, kesederhanaan, dan kejeniusan almarhum BJ Habibie ini harus dijadikan teladan bagi anak-anak bangsa, khususnya bagi para muda di era milienial ini. BJ Habibie adalah penyayang keluarga," tegas Cak Imin.

Sebelumnya, Habibie dikabarkan meninggal dunia pada pukul 18.05 WIB di RSPAD Gatot Subroto. Penyebab meninggal ini disebut karena faktor usia dan jantung yang sudah berhenti beraktivitas.

"Bapak sudah tidak ada pada pukul 18.05 WIB," ujar putra Habibie Thareq Kemal, rabu (11/10).
Habibie meninggalkan dua anak, yaitu Ilham Akbar dan Thareq Kemal. Sementara istrinya, Hasri Ainun Besari telah meninggal dunia pada 2010 di Jerman.

Habibie sebelumnya dirawat di ruang Cerebro Intensive Care Unit (CICU) Paviliun Kartika RSPAD sejak 1 September 2019.

Ketua Tim Dokter Kepresidenan (TDK) Prof. dr. Azis Rani melalui keterangan resmi pada Senin (9/9) menyebutkan Habibie ditangani tim dokter spesialis dengan berbagai bidang keahlian, seperti jantung, penyakit dalam, dan ginjal.

Pemerintah menetapkan berkabung nasional selama tiga hari sampai Sabtu (14/9).


"Jadi kita menetapkan berkabung nasional selama tiga hari. Jadi nanti (hari ini) sampai tanggal 14 September," kata Menteri Sekretaris Negara Pratikno, di Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta.
[Gambas:Video CNN]
(tst/bmw)