Ngabalin Ajak Masyarakat Doakan Habibie

CNN Indonesia | Rabu, 11/09/2019 21:10 WIB
Ngabalin Ajak Masyarakat Doakan Habibie Ali Mochtar Ngabalin. (CNN Indonesia/Kustin Ayuwuragil)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tenaga Ahli Deputi IV Kantor Staf Presiden Ali Mochtar Ngabalin mendatangi rumah duka Presiden RI Ketiga BJ Habibie di kawasan Patra Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (11/9) malam.

Mewakili Istana, ia mengajak seluruh masyarakat Indonesia dari berbagai agama untuk mendoakan kepergian Habibie.

"Imbauan terus-menerus tanpa henti masyarakat mengiringi Om Rudy, BJ Habibie dengan doa panjang dari Islam, Protestan, Katolik, Hindu, Buddha dan seluruh suku bangsa untuk putra terbaik bangsa," kata Ngabalin saat ditemui di lokasi.


Ngabalin juga berharap masyarakat memaafkan almarhum Habibie jika pernah melakukan kekhilafan. Ia mendoakan supaya Habibie diterima di sisi Tuhan Yang Maha Esa.
Di kesempatan yang sama, Menteri Pertanian Amran Sulaiman juga mengucapkan bela sungkawa terhadap kepergian Habibie.

Ia mendoakan agar keluarga Habibie bisa tegar dalam menghadapi kejadian ini. Ia juga meminta masyarakat untuk turut mendoakan salah satu tokoh terbaik bangsa tersebut.

"Kami ikut berduka cita, dan kita merasa kehilangan Bapak Demokrasi, Bapak Teknokrat, Bapak Dirganthara, pemimpin sederhana yang kita punya," ujarnya.

Selain dua nama itu, sejumlah nama sudah hadir di rumah duka, yakni AM Hendroprlyono, Mensesneg Pratikno, musisi Melanie Subono, aktor Reza Rahadian, dan aktris Bunga Citra Lestari.

Habibie meninggal dunia pada sore ini usai menjalani perawatan di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta. Habibie mengalami degenerasi sejumlah organ tubuh, termasuk jantung.

Sementara, mantan ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Din Syamsuddin mengatakan Habibie sebagai tokoh yang memiliki pengaruh bagi Indonesia dalam bidang pengetahuan dan teknologi.

Selain itu, ia juga mengapreasi langkah Habibie dalam menciptakan sejumlah Undang-Undang yang berperan dalam konsolidasi reformasi Indonesia. 

Tokoh Muhammadiyah ini juga mengapresiasi langkah pemerintah yang telah menjadikan hari kematian Habibie sebagai hari Berkabung Nasional. 

"Maka sangat tepat kalau pemerintah sudah menyerukan sebagai tanda simpati kita untuk mengibarkan bendera setengah tiang itu itu makna simbolik sebahau duka bangsa," kata Din. 

Ia juga menghimbau untuk setiap umat beragama agar mendoakan Habibie. Lebih lagi, kepada umat Muslim untuk melakukaj shalat Ghaib. 

"Seluruh umat beragama berdoa sesuai keyakinan masing-masing," imbuhnya.
Ngabalin Ajak Masyarakat Doakan HabibiePresiden ke-3 RI BJ Habibie. (ADEK BERRY / AFP)

Ma'ruf Amin Doakan Habibie

Wakil Presiden Terpilih, Maruf Amin mendoakan kepergian Presiden Ke-3 RI, BJ Habibie yang meninggal sore ini di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Rabu (11/9). 

Hal ini disampaikan oleh Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra.

Kata Yusril usai melaksanakan salat magrib bersamanya tadi, Ma'ruf langsung mendoakan Habibie ketika mendengar kabar meninggalnya mantan presiden itu. 

"Pak kyai Ma'ruf Amin langsung membacakan doa kepada Allah semoga segala amal kebajikan beliau diterima dan segala kesalahan-kesalahan diampuni Allah SWT," kata Yusril.


Dalam kesempatan itu, Yusril juga menyampaikan banyak sekali kenangan dirinya terkait Habibie. Apalagi bisa dibilang Yusril tumbuh dengan mengagumi Habibie. 
Dia juga terkenang kejadian saat Soeharto hendak mengundurkan diri dari jabatannya sebagai presiden dan digantikan oleh Habibie.


"Waktu itu saya berada di sekitar Pak Soeharto mengurusi bagaimana proses pergantian presiden dari pak Harto ke Pak Habibie," kata dia. 


Kata Yusril, Habibie juga selalu memperlakukan dirinya seperti anak sendiri. Dia mengaku sangat kehilangan dan berduka cita atas kepergian Habibie. 

"Saya betul-betul merasa kehilangan dan berduka cita dan bagi seluruh rakyat Indonesia saya mohon untuk mendoakan beliau," kata dia.
[Gambas:Video CNN] (mjs/ugo)