Jokowi akan Jadi Inspektur Upacara Pemakaman Habibie

CNN Indonesia | Kamis, 12/09/2019 10:11 WIB
Jokowi akan Jadi Inspektur Upacara Pemakaman Habibie Presiden RI Joko Widodo didampingi istri, Iriana, melayat ke rumah duka Presiden ketiga RI BJ Habibie, Jakarta Selatan, 12 September 2019.(CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memastikan dirinya akan menjadi inspektur upacara di pemakaman Presiden ketiga RI BJ Habibie di Taman Makam Pahlawan (TMP), Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (11/9) siang nanti.

Hal itu ia sampaikan usai melayat ke rumah duka Habibie yang terletak di Jalan Patra Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (11/9).

"Nanti siang di TMP [Taman Makam Pahlawan] Kalibata saya akan bertindak sebagai inspektur upacara," kata Jokowi.


Jokowi mengatakan dirinya sengaja hadir di rumah duka pagi ini sebagai penghormatan kepada jasa dan kontribusi yang diberikan Habibie terhadap negara.

Ia lantas mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk sama-sama berdoa agar Habibie bisa diterima di sisi Tuhan Yang Maha Esa. Ia turut berharap Habibie bisa mendapatkan tempat terbaik disisi-Nya.

"Saya mengajak masyarakat Indonesia bersama-sama untuk berdoa semoga arwah beliau diterima mendapat tempat yang terbaik di sisinya," kata Jokowi.

Sebelumnya, Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan negara telah menyiapkan pemakaman Habibie di liang makam slot 120 dan 121 yang sudah disiapkan di TMP Kalibata.

"Sudah disiapkan pemakaman di sebelahnya Ibu Ainun Habibie di slot 120-121," kata Praktikno di Istana Kepresidenan, Jakarta.

Sementara itu, Polda Metro Jaya menyatakan menerjunkan ratusan personel untuk mengamankan seluruh prosesi pemakaman Habibie di TMP Kalibata.

"Sebanyak sekitar 600 personel sudah kita siapkan ya," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono saat dikonfirmasi, Kamis (12/9).

Argo menuturkan aparat kepolisian bakal mengawal seluruh rangkaian proses pengantaran jenazah dari rumah duka hingga ke TMP Kalibata sampai seluruh prosesi pemakaman selesai.

Argo menerangkan seluruh personel itu telah dibagi dalam tugas dan penempatannya masing-masing.

"Polisi akan menjaga dan mengawal mulai rumah sampai TMP Kalibata," ungkap Argo.

Sementara itu, Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP M. Nasir mengatakan pihaknya telah menyiapkan rekayasa lalu lintas di sekitar TMP Kalibata untuk mendukung kelancaran pemakaman Habibie. Nantinya, rekayasa lalu lintas itu bakal diberlakukan sekitar pukul 12.00 WIB.


[Gambas:Video CNN] (rzr, dis/kid)