Polisi Tangkap Ketua KNPB Mimika, Diduga Terkait Benny Wenda

CNN Indonesia | Kamis, 12/09/2019 10:15 WIB
Polisi Tangkap Ketua KNPB Mimika, Diduga Terkait Benny Wenda karopenmas Polri Brigjen Dedi Prasetyo menyebut Ketua KNPB Mimika ditangkap. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kepolisian menangkap Ketua Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Mimika Steven Italy yang diduga berperan dalam kerusuhan aksi unjuk rasa yang berlangsung di Jayapura, Papua. Polisi juga telah menetapkannya sebagai tersangka.

"Ya betul dari Papua sedang proses sidik tersangka tersebut terkait kerusuhan di Jayapura dan beberapa tempat di Papua," ujarnya saat dihubungi CNNIndonesia.com, Kamis (12/9).

Dedi mengatakan Steven juga diduga melakukan komunikasi dengan Benny Wenda.


Berdasarkan data yang dihimpun, Steven ditangkap pada Rabu (11/9) sekitar pukul 17.56 WIT, di gerbang Universitas Cendrawasih, Papua. Dari penangkapan itu disita empat telepon genggam, uang Rp5,5 juta, satu flashdisk dan satu mobil yang digunakan Steven.

Dia diduga berperan membantu mengecek KNPB wilayah, mengatur pergerakan KNPB Mimika dan menginstruksikan memobilisasi massa, mengatur massa dari Sentani, dan mengirim instruksi kepada seluruh pimpinan KNPB.

Namun Dedi belum menjelaskan secara rinci terkait pasal yang menjeratnya. Pemeriksaan juga masih dilakukan hingga saat ini.

[Gambas:Video CNN] (gst/arh)