Karangan Bunga dari Xanana dan Timor Leste untuk BJ Habibie

CNN Indonesia | Kamis, 12/09/2019 10:54 WIB
Karangan Bunga dari Xanana dan Timor Leste untuk BJ Habibie Timor Leste dan mantan presiden mereka, Xanana Gusmau mengirimkan karangan bunga di kediaman BJ Habibie. (CNN Indonesia/Ramadhan Rizki Saputra).
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden pertama Timor Leste, Xanana Gusmao dan Kedutaan besar Timor Leste untuk Indonesia mengirimkan karangan bunga sebagai tanda duka cita ke rumah duka Presiden RI ke-3 BJ Habibie, di kawasan Patra Kuningan, Jakarta, Kamis (12/9). Habibie wafat di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Rabu (11/9) sore.

Pantauan CNNIndonesia.com di lokasi, banyak karangan bunga di sepanjang jalan sekitar rumah Habibie. Mulai dari pejabat hingga sejumlah kedutaan besar negara sahabat Indonesia, termasuk dari Kedubes Timor Leste dan Xanana.
'Hubungan' Timor Leste dan Habibie diketahui tak lepas dari peristiwa pada 20 tahun silam. Saat itu Timor Leste merupakan bagian dari NKRI dan masih bernama Timor Timur.

Namun saat Habibie naik menjadi Presiden, wilayah Timor Timur lepas setelah dilakukan referendum atau jajak pendapat pada 30 Agustus 1999.


Saat itu 78,5 persen masyarakat Timor Timur menolak tawaran status khusus dengan otonomi luas dari pemerintah Indonesia. Mereka lebih menginginkan lepas dari bingkai NKRI.
Habibie pun mengatakan pelepasan itu dilakukan guna untuk memajukan demokrasi dan pelaksanaan HAM.

Kini setelah 20 tahun referendum Timtim, pada 30 Agustus 2019 yang lalu Timor Leste memberi penghormatan kepada Habibie dengan mengabadikannya sebagai nama jembatan di sana. Jembatan 'B.J. Habibie' berdiri di Desa Bidau Sant'ana dan dibangun oleh Badan Usaha Milik Negara Timor Leste dengan anggaran US$3,9 juta.

[Gambas:Video CNN] (mjo/osc)