Integritas Habibie di Mata Mahfud MD dan Pimpinan KPK

CNN Indonesia | Kamis, 12/09/2019 12:39 WIB
Integritas Habibie di Mata Mahfud MD dan Pimpinan KPK Presiden ketiga RI BJ Habibie meninggal dunia pada 11 September 2019. (CNN Indonesia/Daniela)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPKLaode M Syarif menyebut sosok Presiden ketiga RI, BJ Habibie, sebagai pahlawan demokrasi saat bertakziah ke rumah duka di kawasan Patra Kuningan, Jakarta, Kamis (12/9) pagi.

Pantauan CNNIndonesia.com, Laode datang sekitar pukul 7.30 WIB dan langsung masuk untuk mendoakan mendiang BJ Habibie. Ia keluar dari rumah duka sekitar sepuluh menit kemudian.

Laode pun memuji sikap dan integritas Habibie yang patut dipanut bukan hanya di Indonesia, tetapi di dunia. Salah satu yang menjadi sorotan Laode adalah tentang Habibie semasa hidupnya tidak pernah terlibat kasus.


"Integritas beliau selama hidupnya tidak pernah kita mendengarkan dia itu terlibat hal hal negatif. Padahal jabatannya selalu menteri, sampai wakil presiden, sampai jadi presiden. Kita tidak permah mendengar yang jelek tentang beliau," kata Laode.

Terkait kepakaran Habibie di bidang teknologi, Laode mengenang saat ia mengantar Presiden ketiga RI itu kala menghadiri peresmian gedung baru KPK di kawasan Kuningan, Jakarta, 29 Desember 2015. Menurutnya Habibie sangat menaruh perhatian terhadap perkembangan teknologi dan pengaplikasiannya di Indonesia.

"Saya antar ke ruangan pemeriksaan dan di situ saya perlihatkan dia aset komputer yang saya bilang, 'ini bisa voice to text Pak Habibie. Langsung dia nyambar gitu, 'memangnya voice to text Bahasa Indonesia sudah ada sekarang?'" ujarnya.

Integritas Habibie di Mata Mahfud MD dan Wakil Ketua KPKWakil Ketua KPK Laode M Syarif. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)

Habibie, Muslim Moderat

Sementara itu mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD memuji sosok BJ Habibie sebagai seorang muslim yang moderat, dan mudah bergaul dengan setiap golongan.

"Bahkan Pak Habibie juga yang menemukan istilah iptek, ilmu pengetahuan dan teknologi dan imtak disambung dengan iman dan takwa," kata Mahfud saat melayat ke kediaman Habibie.

"Dulu orang-orang mengatakan, orang Indonesia yang baik itu yang agamis itu seperti Habibie," tambah pakar hukum tata negara itu.

Habibie diketahui menjadi sosok pertama yang memimpin Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI). Wadah cendekiawan muslim itu berdiri pada 1990 silam.

Integritas Habibie di Mata Mahfud MD dan Wakil Ketua KPKMantan Ketua MK Mahfud MD melayat ke rumah duka Presiden ketiga RI BJ Habibie, Jakarta, 12 September 2019. (CNN Indonesia/ Michael Josua Stefanus)
Selain itu, Ia juga memuji sikap Habibie yang dinilai mengutamakan dan rela berkorban demi kepentingan bangsa.

Ia mencontohkan sikap Habibie saat mengadakan pemilu pada tahun 2004. Menurutnya, kala itu Habibie secara konstitusi dapat tetap menjabat sebagai Presiden hingga 2003, namun memilih untuk mengadakan Pemilu yang baik.

"Tapi beliau langsung mengumumkan saya akan mengadakan pemilu agar rakyat memilih pemimpinnya sendiri melalui pemilu yang baik," ujarnya.

Ia meminta agar setiap masyarakat yang kehilangan dapat menerima dengan iklas dan mendoakan sosok Habibie. Selain itu, dia mendorong juga untuk melanjutkan perjuangan Habibie semasa hidupnya.

Habibie rencananya dikebumikan siang ini di Taman makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan. Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akan bertindak sebagai inspektur upacara pemakaman Habibie. Habibie rencananya dimakamkan di sebelah makam istrinya, Hasri Ainun, yang telah lebih dulu wafat yakni pada 22 Mei 2010 lalu.

[Gambas:Video CNN] (mjo/kid)