DPR Gelar Voting Pemilihan Komisioner Baru KPK

CNN Indonesia | Jumat, 13/09/2019 00:15 WIB
DPR Gelar Voting Pemilihan Komisioner Baru KPK Ilustrasi (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Komisi III DPR RI menggelar voting untuk memilih lima komisioner baru Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Voting digelar usai melakukan uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) terhadap sepuluh capim KPK.

Ketua Komisi III Azis Syamsuddin yang juga menjadi pimpinan sidang mengatakan voting dilakukan usai dilakukan rapat pleno. Rapat digelar tertutup selama kurang lebih tiga puluh menit.

"Mekanismenya bapak ibu kita pilih lima dari sepuluh, wajib. Kalau ada yang milih enam kita nyatakan gugur," kata Azis dalam uji kelayakan dan kepatutan Capim KPK di Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (13/9) dini hari.


Keputusan voting disetujui seluruh fraksi. Azis selaku pimpinan rapat ditunjuk sebagai pemandu pemungutan suara tersebut.

Aturannya, 56 orang anggota Komisi III DPR menuliskan lima orang capim pilihan mereka dalam kertas suara. Lalu mereka akan memilih lagi satu nama capim sebagai Ketua KPK.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengirimkan sepuluh nama capim KPK ke DPR untuk diikutkan dalam uji kelayakan dan kepatutan. Nama-nama itu merupakan hasil seleksi capim KPK yang dilaksanakan panitia seleksi pilihan Jokowi.

Sepuluh nama tersebut adalah Nawawi Pomolango, Lili Pintauli Siregar, Sigit Danang Joyo, Nurul Ghufron, I Nyoman Wara, Alexander Marwata, Johanis Tanak, Luthfi Jayadi Kurniawan, Firli Bahuri, dan Robi Arya. (dhf/eks)