Nurul Ghufron Calon Rektor yang Jadi Pimpinan KPK

CNN Indonesia | Jumat, 13/09/2019 09:44 WIB
Nurul Ghufron Calon Rektor yang Jadi Pimpinan KPK Nurul Ghufron menjalani uji kepatutan dan kelayakan di ruang rapat Komisi III DPR RI. (ANTARA/Aditya Pradana Putra)
Jakarta, CNN Indonesia -- Komisi III DPR memilih lima pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Jilid V untuk periode 2019-2023 usai menjalani uji kepatutan dan kelayakan, Kamis (13/9) tengah malam. Salah satu yang terpilih adalah Nurul Ghufron yang berprofesi sebagai dosen di Fakultas Hukum Universitas Jember (UNEJ), Jawa Timur.

Pria kelahiran Sumenep, Madura, 22 September 1974 itu saat ini masih menjabat sebagai Dekan FH UNEJ. Dia bahkan menjadi calon rektor di sana untuk periode 2020-2024, namun menunggu proses seleksi Capim KPK lebih dulu sebelum pemilihan rektor.
Nurul juga beberapa kali menulis artikel di media terkait korupsi. Dia juga kerap terlibat dalam persidangan kasus korupsi sebagai ahli.

Tak cuma itu, bersama 6 dosen UNEJ lainnya, Nurul pernah mengajukan gugatan uji materi Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2013 tentang Mahkamah Konstitusi (MK). Gugatan terkait syarat seleksi calon hakim MK, dan juga pelibatan Komisi Yudisial (KY) dalam pengangkatan hakim MK itu dikabulkan majelis hakim konstitusi.


Saat menjalani uji kepatutan dan kelayakan, Rabu (11/9), Nurul menyampaikan pandangannya terkait Revisi UU KPK, khususnya soal kewenangan mengeluarkan SP3.
Bagi Nurul, SP3 dimiliki KPK adalah sebuah keniscayaan. Sebab aparat penegak hukum bisa saja melakukan kesalahan dalam menetapkan seseorang menjadi tersangka saat proses penyidikan.

"Untuk beri way out atas kemanusiaan yang memungkinkan khilaf dan salah, butuh SP3. Tidak semua yang disidik benar," kata Ghufron.

Selain Ghufron, empat pimpinan lain yang terpilih adalah Firli Bahuri, Lili Pintauli Siregar, Alexander Marwata, dan Nawawi Pamolango.

Komisi III DPR juga langsung memilih Ketua KPK yakni Firli yang saat ini masih menjabat Kapolda Sumatera Selatan.

[Gambas:Video CNN] (osc)