FOTO: Voting Memilih Pimpinan KPK di Tengah Malam Buta

CNN Indonesia & Antara, CNN Indonesia | Jumat, 13/09/2019 11:22 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Komisi III DPR RI telah memilih lima nama pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) lewat proses voting yang berlangsung hingga Jumat dini hari.

Nawawi Pomolango saat mengikuti uji kelayakan dan kepatutan calon pimpinan KPK dengan Komisi III, di Kompleks Parlemen, Senayan, Rabu (11/9). Selama beberapa hari terakhir, 10 capim KPK yang telah diseleksi pansel dan disetujui Jokowi mengikuti uji kelayakan.
Calon pimpinan KPK Lili Pintauli Siregar menjalani uji kepatutan dan kelayakan di ruang rapat Komisi III DPR RI. Lili memiliki latar belakang Wakil Pimpinan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) dan jadi satu-satunya perempuan yang dipilih Komisi III.
Firli Bahuri adalah nama yang paling disoroti selama proses seleksi. KPK pada Rabu juga menggelar konferensi pers untuk menyoroti pelanggaran etik yang pernah dilakukan Firli saat menjabat Deputi Penindakan KPK, yaitu melakukan beberapa pertemuan dengan tokoh yang berperkara. (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)
Alexander Marwata juga tak lepas dari sorotan. Pada uji kelayakan di hadapan Komisi III, Alexander mengatakan bahwa hanya orang goblok yang terkena Operasi Tangkap Tangan KPK. (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)
Sementara itu Nurul Ghufron berasal dari latar akademisi. Dosen di Fakultas Hukum Universitas Jember ini juga beberapa kali pernah menjadi saksi ahli di sidang korupsi. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)
Nawawi Pamolango merupakan sarjana hukum dengan spesialisasi perdata. Ia berkarier sebagai hakim sejak 1988. Ia pernah menangani sejumlah perkara korupsi besar, diantaranya Luthfi Hasan Ishaaq, Ahmad Fatonah, Irman Gusman, dan Patrialis Akbar. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)
Setelah melakukan uji kelayakan dan rapat tertutup selama sekitar 30 menit, DPR memutuskan melaksanakan mekanisme voting sekitar pukul 11.40 WIB, dan dimulai sekitar 10 menit kemudian. (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)
Voting menghasilkan Pimpinan KPK terpilih yaitu Firli Bahuri (56 suara), Alexander Marwata (53 suara), Nurul Ghufron (51 suara), Nawawi Pomolango (50 suara) dan Lili Pintauli Siregar (44 suara). Setelah voting usai pukul 00.15 WIB, Komisi III langsung menggelar musyawarah memilik Ketua KPK yaitu Firli. (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)




BACA JUGA