Ngabalin soal Sampul Tempo 'Pinokio': Tidak Ada Gambar Lain?

CNN Indonesia | Senin, 16/09/2019 19:19 WIB
Ngabalin soal Sampul Tempo 'Pinokio': Tidak Ada Gambar Lain? Tenaga Ahli Kedeputian IV KSP Ali Mochtar Ngabalin mengkritik sampul majalah Tempo. (CNN Indonesia/Christie Stefanie)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tenaga Ahli Kedeputian IV Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin mengkritik Majalah Tempo yang menerbitkan sampul bergambar karikatur Presiden Joko Widodo dengan bayangan Pinokio dalam edisi terbaru 'Janji Tinggal Janji'.

Ngabalin menuding Tempo memiliki kebencian terhadap Jokowi dengan menampilkan gambar seperti itu.

"Ada apa sih? Kok kebenciannya Tempo kok begitu mendarah daging sama Jokowi? Apa enggak ada gambar lain, enggak ada foto lain? Saya kira masyarakat yang menilai," kata Ngabalin saat dikonfirmasi mengenai tanggapan Istana Kepresidenan atas sampul majalah Tempo, Senin (16/9).


Ngabalin menyebut apa yang dilakukan Tempo tidak etis dan bertentangan dari sisi etika jurnalistik karena memperlakukan seorang kepala negara seperti itu. Padahal, kata Ngabalin, Tempo memiliki kredibilitas dalam menghasilkan karya jurnalistik.

"Hanya karena Tempo berpihak kepada KPK. Sesungguhnya kan tinggal ditanya moralnya, apakah cara seperti itu etis atau tidak. Merasa punya moral apa enggak?" ujarnya.

Ngabalin memperkirakan Jokowi sudah mengetahui Majalah Tempo edisi terbaru itu. Namun, Ngabalin menyatakan belum ada rencana lebih jauh untuk melaporkan terbitan terbaru Majalah Tempo itu kepada Dewan Pers.
Ngabalin soal Sampul Tempo 'Pinokio': Tidak Ada Gambar Lain?Sampul majalah Tempo yang menampilkan gambar Jokowi dengan bayangan seperti tokoh Pinokio.(CNN Indonesia/Aria Ananda)

"Pasti presiden tahu itu. Bagi Pak Jokowi kan, tidak perlu ambil pusing yang begitu. Tinggal masyarakat yang nanti menilai," tuturnya.

Sampul ini sebelumnya juga dikritik Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto. Relawan Jokowi, Jokowi Mania bahkan sudah mengadukan hal ini ke Dewan Pers.
Redaktur Eksekutif Majalah Tempo Setri Yasra mengatakan Tempo tak berniat menggambarkan Jokowi sebagai Pinokio. Sampul majalah Tempo itu merupakan metafora atas dinamika masyarakat perihal revisi Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2002 tentang KPK.

"Tempo tidak pernah bermaksud menghina kepala negara sebagaimana dituduhkan berbagai pihak lewat media sosial. Tempo juga tidak berniat menggambarkan presiden sebagai Pinokio, yang tergambar adalah bayangan Pinokio," ujar Setri melalui pesan singkat, Senin (16/9).

[Gambas:Video CNN] (fra/arh)