Putra HS Dillon Sebut Jantung Ayahnya Bermasalah Sejak 2001

CNN Indonesia | Senin, 16/09/2019 23:25 WIB
Putra HS Dillon Sebut Jantung Ayahnya Bermasalah Sejak 2001 Aktivis HAM dan antikorupsi HS Dillon meninggal dunia akibat serangan jantung. (Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mahawira Singh Dillon, putra aktivis HAM HS Dillon, mengonfirmasi kabar duka mengenai kepergian ayahnya. Wira mengatakan bahwa ayahnya mengalami permasalahan jantung sejak tahun 2001 silam dan meninggal dunia setelah menjalani perawatan di Rumah Sakit Siloam Bali.

"Ayah saya dirawat di Bali sejak 18 Agustus lalu karena edema paru yang disebabkan oleh melemahnya daya dorong jantung beliau," kata Wira saat dihubungi CNNIndonesia.com, Senin (16/9) malam.

Menurut Wira, masalah jantung yang telah diderita ayahnya sejak 18 tahun silam telah berhasil terkontrol. Namun, pada siang ini kondisi HS Dillon mengalami penurunan drastis.


"Siang ini kondisi beliau tiba-tiba menurun drastis dan beliau meninggal sekitar pukul 17.30 WIB," ujarnya.

Dalam cuitan Twitter akhir bulan Juli, HS Dillon berkomentar mengenai kesejahteraan petani. Wira mengungkapkan bahwa semasa hidup ayahnya selalu menaruh perhatian kepada petani.

"Dari dulu hati beliau selalu berpihak pada petani. Harapan beliau adalah bahwa petani bisa naik kelas, bukannya malah disuruh kerja 24 jam," kata Wira.

Terkait pemakaman, Wira menuturkan kalau pihak keluarga masih memikirkan tempat persemayaman terakhir.

Sebelumnya, Direktur Eksekutif Amnesty International Indonesia (AII) Usman Hamid mengonfirmasi kepergian Harbrinderjit Singh Dillon. Dia menyatakan bahwa istri HS Dillon memberi amanat kepada dirinya untuk menyebarluaskan berita duka.

"Telah pergi dengan damai orang tua, abang, sahabat kami HS Dillon, hari ini Senin 16 September pukul 18.27 WITA di RS Siloam Bali," ujar Usman Hamid saat dikonfirmasi, Senin (16/9).

Usman mengatakan HS Dillon merupakan sosok yang menaruh perhatian kepada pemajuan dan perlindungan hak asasi manusia (HAM). Menurut dia, HS Dillon sangat kritis terhadap jalannya pembangunan yang tidak memerhatikan penghormatan HAM dan pelestarian alam.

[Gambas:Video CNN] (ryn/arh)