Tabrakan Bus-Truk Tangki di Jalinsum, 8 Orang Meninggal

CNN Indonesia | Senin, 16/09/2019 22:34 WIB
Tabrakan Bus-Truk Tangki di Jalinsum, 8 Orang Meninggal Ilustrasi Kecelakaan. (Istockphoto/rvimages)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kecelakaan melibatkan bus dan truk tangki terjadi di jalan lintas tengah Sumatra (jalinsum) di Lampung, Senin (16/9). Tabrakan dua kendaraan tersebut menewaskan delapan orang dan puluhan lain luka.

"Ada delapan yang meninggal dunia, kami sudah cek kepada pejabat terkait," kata Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Zahwani Pandra Arsyad, Senin (16/9).

Kecelakaan yang terjadi melibatkan Bus Rosalia Indah dan truk tangki tepatnya berada di Way Kanan. Selain delapan orang yang meninggal dunia, kata Zhawani, ada sebanyak 24 orang yang mengalami luka-luka dan kini tengah di rawat di Puskesmas Way Tuba, Way Kanan.
"Sampai saat ini masih menjalani perawatan," kata dia.


Kronologi kejadian, saat itu bus melaju dengan kecepatan tinggi dari arah Bandarlampung menuju Palembang, Sumatra Selatan. Sesampainya di Jalan Lintas Tengah Sumatra Km 229, bus mengambil jalur kanan jalan aspal menikung tajam ke kiri dan menanjak tanpa marka.

"Karena kecepatan terlalu tinggi, bus hilang kendali dan terguling di tengah jalan," kata Zahwani.
Saat terguling, lanjutnya, datang dari arah berlawanan kendaraan truk tangki. Dikarenakan jarak yang terlalu dekat, truk tidak dapat menghindar, sehingga menabrak bus tersebut.

"Dari situ delapan orang meninggal di lokasi dan 24 luka-luka. Akibat kejadian itu, kerugian mencapai sekitar Rp100 juta," katanya.
[Gambas:Video CNN] (dis/ain)