Golkar Usulkan BJ Habibie Jadi Nama Jalan di Jakarta

CNN Indonesia | Selasa, 17/09/2019 19:52 WIB
Golkar Usulkan BJ Habibie Jadi Nama Jalan di Jakarta Tahlilan tujuh hari wafatnya Presiden ketiga RI BJ Habibie digelar di Gedung DPD Partai Golkar DKI Jakarta. (CNN Indonesia/Tiara Sutari)
Jakarta, CNN Indonesia -- Nama Presiden ketiga RI, BJ Habibie akan diusulkan menjadi nama jalan di salah satu jalan protokol yang berada di DKI Jakarta.

Pelaksana tugas Ketua DPD Partai Golkar, Rizal Mallarangeng mengatakan usulan itu akan disampaikan langsung pihaknya ke Pemprov DKI Jakarta.

"Saya akan minta fraksi untuk usulkan ada satu Jalan Protokol kita jadi jalan BJ Habibie," kata Rizal di Gedung DPD Partai Golkar DKI Jakarta, Jalan Pegangsaan, Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (17/9).



Rizal menerangkan Habibie yang juga adalah Ketua Dewan Kehormatan Partai Golkar memiliki banyak jasa bagi Indonesia. Selain pernah menjadi presiden menggantikan Soeharto pada paruh 1998-2001, Habibie memiliki banyak penemuan teknologi dan jasa lainnya.

"Untuk penghormatan mengenang jasa beliau," kata Rizal.

Hal tersebut langsung disambut dan disetujui Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD DKI, Basri Baco. Dia menyebut akan menyampaikan usulan tersebut ke Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Dia juga menyebut akan melobi semua fraksi di DPRD DKI agar menyetujui usulan soal penggantian nama salah satu jalan menjadi jalan BJ Habibie ini.

"Kita coba lobi-lobi semua fraksi, SKPD, jalan mana (yang bisa diganti nama) ini kan ide dan usulan harus kita perjuangkan," kata Basri.

Malam ini, Partai Golkar menggelar Doa Bersama dan Tahlilan mengenang tujuh hari meninggalnya Presiden ketiga RI sekaligus Ketua Dewan Kehormatan Partai Golkar, BJ Habibie di DPD Golkar yang berlokasi di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (17/9).

"Mengenang tujuh hari sekaligus kita berdoa dan tahlil. Insya Allah beliau khusnul khatimah. Kita persiapkan seribu warga yang hadir, dan ada 100 anak yatim yang kita undang," kata Ketua Fraksi Partai Golkar di DPRD DKI Jakarta, Ashraf Ali di Gedung DPD Partai Golkar, Menteng, Jakarta Pusat.

Selain warga, Ashraf juga mengaku telah mengundang sejumlah petinggi Partai Golkar di antaranya Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Dewan Pakar Golkar Agung Laksono, Plt Ketua DPD Partai Gokar Rizal Malarangeng.

Namun, dari pantauan CNNIndonesia.com di lokasi para petinggi itu hingga saat ini belum hadir di lokasi. Baru Rizal Malarangeng yang nampam hadir.

Terkait hal ini Ashraf menyebut kemungkinan Airlangga akan langsung menuju ke kediaman Habibie yang juga akan menggelar tahlil tujuh harian.

"Maksudnya kan tadi kita mau gelar malam, tapi di rumah beliau (Habibie) juga ada tahlilan, saya sampaikan ke pak Airlangga maka saya sampaikan sore saja. Tapi gatau kalau pak Airlangga kan pejabat negara menteri juga, bisa langsung ke kediaman Pak Habibie," kata dia.

Dalam kegiatan ini kata Ashraf juga akan digelar pembagian sembako dan bantuan untuk anak yatim atas nama Partai Golkar dan Habibie.

Di lokasi DPD Golkar juga tampak ramai, seratusan lebih warga telah duduk berbaris unuk ikut tahlilan di halaman DPD Golkar. Para warga ini kompak mengenakan pakaian putih dan kerudung atau jilbab kuning untuk para ibu-ibu.

[Gambas:Video CNN] (tst/kid)