Istri Minta Cerai, Napi Gantung Diri di Gudang Masjid Penjara

CNN Indonesia | Rabu, 18/09/2019 18:23 WIB
Istri Minta Cerai, Napi Gantung Diri di Gudang Masjid Penjara Ilustrasi jenazah (Istockphoto/Rich Legg)
Medan, CNN Indonesia -- Seorang narapidana YH (38) ditemukan tewas gantung diri di gudang masjid di Lapas Klas I Padangsidimpuan, Sumatera Utara pada Selasa (17/9). Dia diduga memutuskan untuk mengakhiri hidupnya setelah sang istri meminta cerai.

Kasat Reskrim Polres Padangsidimpuan AKP Abdi Abdillah membenarkan kabar tersebut. Dia menyebut YH merupakan napi narkotika yang menghuni kamar nomor 3 Blok A di lapas tersebut.

"Benar, ada tahanan yang gantung diri di Lapas Padangsidimpuan," ucap Abdi, Rabu (18/9).


YH terakhir kali bertemu para napi lainnya di teras masjid sekitar pukul 10.00 WIB pada Selasa lalu (17/9). Saat itu, YH bercerita kepada napi bernama Rizki tentang masalah keluarga yang tengah dihadapi. YH menceritakan bahwa istrinya meminta cerai.

Setelah itu, YH sudah tidak terlihat. Dia tidak lagi bersama napi yang lainnya.

"Setelah agak siang, saat apel ternyata kurang satu. Begitu dicek, rupanya YH sudah gantung diri," kata Abdi.
Abdi mengatakan jenazah YH pertama kali ditemukan napi bernama Budi Martua Harahap. Dia melihat YH tergantung di dalam gudang masjid. Kejadian itu kemudian dilaporkan kepada petugas lapas dan rekan napi yang lain.

Saat itu, pintu gudang masjid dalam keadaan terkunci. Petugas kemudian mendobrak pintu itu. Setelah dicek, YH sudah tak bernyawa.

Menurut penuturan Abdi, YH masuk ke dalam gudang masjid melalui jendela karena saat itu pintu tidak bisa dibuka. Setelah berada di dalam, YH menggunakan tali wayar untuk gantung diri.

Sejauh ini, jenazah YH yang merupakan Jalan Willem Iskandar, Kelurahan Sadabuan, Padangsidimpuan Utara, Kota Padangsidimpuan sudah dievakuasi. Petugas tidak menemukan tanda-tanda kekerasan di tubuh korban.

"Ini murni bunuh diri," ucap Abdi.

Masalah depresi jangan dianggap enteng. Jika Anda pernah memikirkan atau merasakan tendensi bunuh diri, mengalami krisis emosional, atau mengenal orang-orang dalam kondisi itu, Anda disarankan menghubungi pihak yang bisa membantu, misalnya saja Komunitas Save Yourselves https://www.instagram.com/saveyourselves.id, Yayasan Sehat Mental Indonesia melalui akun Line @konseling.online, atau Tim Pijar Psikologi https://pijarpsikologi.org/konsulgratis.
[Gambas:Video CNN] (fnr/bmw)