Peringati HUT TNI, Panglima TNI Ziarah ke Makam Soeharto

CNN Indonesia | Kamis, 19/09/2019 16:30 WIB
Peringati HUT TNI, Panglima TNI Ziarah ke Makam Soeharto Panglima TNI Hadi Tjahjanto ziarah ke makam Soeharto. (Dok. Puspen TNI)
Jakarta, CNN Indonesia -- Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto berziarah ke makam Presiden RI kedua Jenderal H.M. Soeharto, di Astana Giribangun, Kecamatan Matesih, Karanganyar, Jawa Tengah, Kamis (19/9).

Berdasarkan siaran pers yang dikirim Kabidpenum Puspen TNI, Taibur Rahman, ziarah ke kuburan penguasa orde baru itu dilakukan Hadi Tjahjanto dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke-74 tahun 2019.


Sebelum meletakkan karangan bunga di makam Soeharto, Hadi Tjhajanto sempat memimpin penghormatan kepada arwah pahlawan yang diikuti dengan acara tabur bunga serta memanjatkan doa untuk Soeharto dan Tin Soeharto.


Menurut Kepala Penerangan Korem 074 Warastratama Mayor Inf Mantang, kegiatan ziarah Hadi Tjahjanto bersama para petinggi TNI merupakan yang ketiga, setelah sebelumnya dilaksanakan di makam Presiden pertama Soekarno di Blitar dan Presiden keempat KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) di Jombang Jatim.


"Panglima bersama petinggi TNI setelah ini langsung menuju Taman Makam Pahlawan Nasional Kusuma Negara Yogyakarta atau tempat makam Jenderal Besar Soedirman," kata Mantang seperti dilaporkan Antara.

Mantang menjelaskan kegiatan ziarah ke makam para tokoh bangsa ini, sudah dilaksanakan sejak kepemimpinan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dan sudah menjadi tradisi dalam rangka HUT TNI.


[Gambas:Video CNN] (dal/DAL)