Anies Minta Bogor Kirim Surat Jika Mau Dibantu Benahi Sampah

CNN Indonesia | Kamis, 19/09/2019 20:58 WIB
Anies Minta Bogor Kirim Surat Jika Mau Dibantu Benahi Sampah Gubernur Jakarta Anies Baswedan menyatakan bakal langsung membantu Kabupaten Bogor membersihkan sampah di Kalibaru setelah ada permintaan resmi. (CNN Indonesia/Daniela Dinda)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyanggupi permintaan dari Kabupaten Bogor untuk membantu wilayahnya membersihkan Sungai Kalibaru dari sampah.

Namun, Anies meminta agar pemerintah kabupaten Bogor dapat mengajukan permintaan terlebih dahulu kepada DKI.

"Jakarta tentu bisa membantu kalau ada permintaan. Dan kita harus minta izin juga kepada yang punya kewenangan sungai," kata Anies di Gedung DPRD DKI Jakarta, Kamis (19/9).


Selain kepada DKI, Anies juga menyarankan agar Kabupaten Bogor mengajukan izin kepada Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC). Sebab pembersihan kali berada dalam kewenangan lembaga tersebut.

"Karena kalau kita melakukan pembersihan pun, sebetulnya kita minta izin kepada BBWSCC. Karena sungai adalah di bawah kewenangan kemenPUPR," ujar Anies.

Kendati begitu, Anies menegaskan bakal berkomitmen membantu Kabupaten Bogor. Ia berharap agar Kabupaten Bogor bisa secepatnya mengirimkan surat secara resmi untuk dapat dieksekusi DKI.

"Jadi ketika kita membersihkan, mengeruk sungai dan lain-lain kita izin kepada mereka. Tapi kalau Bogor minta dibantu, kabari ke kita. Resmi, nanti kita bisa eksekusi. Siap bantu," tutup Anies.

Sebelumnya, Bupati Bogor Ade Yasin ingin Jakarta membantu mengatasi sampah di perairan Kalibaru. Ade mengatakan permintaan bantuan karena sampah di Kalibaru mengalir juga ke Jakarta.

Adapun lokasi tumpukan sampah berada di seberang Hotel Taman Cibinong II, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

[Gambas:Video CNN] (ctr/wis)