FOTO : Derita Orangutan karena Karhutla di Kalimantan

AP & Antara, AP Photo, CNN Indonesia | Sabtu, 21/09/2019 10:17 WIB

Kalimantan, CNN Indonesia -- Bukan hanya manusia saja yang susah akibat karhutla dan asap dampaknya, satwa liar yang dilindungi pun terancam habitat dan kehidupannya.

Kebakaran hutan dan lahan yang masih terjadi di wilayah Kahayan Hilir, Kalimantan Tengah, 18 September 2019. Wilayah hutan ini dikenal pula sebagai salah satu habitat orangutan. (AP Photo/Fauzy Chaniago)
Satu dari dua Orangutan bergelantungan di tengah pohon di lokasi karhutla di Desa Sungai Awan Kiri, Kecamatan Muara Pawan, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat, 16 September 2019. (ANTARA FOTO/HO/IAR Indonesia-Heribertus)
Orangutan dalam kondisi terbius di kandang usai diselamatkan dari pohon yang terbakar di lokasi karhutla di Desa Sungai Awan Kiri, Kecamatan Muara Pawan, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat. (ANTARA FOTO/HO/IAR Indonesia-Heribertus)
Seekor orang utan (Pongo pygmaeus) berada di lokasi prapelepasliaran di Pulau Kaja, Sei Gohong, Palangka Raya, Kalimantan Tengah. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak)
Sebanyak 37 orang utan terjangkit infeksi saluran pernafasan akibat menghirup kabut asap karhutla di lokasi prapelepasliaran di Pulau Kaja, Sei Gohong, Palangka Raya, Kalimantan Tengah. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak)
Bukan hanya manusia saja yang susah akibat karhutla dan asap dampaknya, satwa liar termasuk orangutan yang dilindungi pun terancam habitat dan kehidupannya.(ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak)
Seekor orangutan terlihat di tengah kabut asap tebal akibat karhutla di lokasi prapelepasliaran, Pulau Kaja, Kalimantan Tengah.(AP Photo/Fauzy Chaniago)
Kondisi satwa liar termasuk orangutan terganggu akibat karhutla yang bisa mengancam nyawa dan habitatnya di alam liar. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak)