FOTO: Ratusan Rumah Hangus Akibat Kebakaran di Jatinegara

Antara & Adhi Wicaksono, CNN Indonesia | Minggu, 22/09/2019 01:32 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Kebakaran menghanguskan ratusan rumah di Jatinegara, Jakarta Timur, Sabtu (21/9) dini hari, dan diduga disebabkan oleh korsleting listrik akibat ponsel.

Foto udara rumah-rumah yang terbakar di kawasan Balimester, Jatinegara, Jakarta, Sabtu (21/9/2019). (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)
Api disebut bermula dari sebuah rumah semipermanen di Jalan Kemuning Bendungan RT 04 RW 01 pasar burung Jatinegara, Jakarta Timur, Sabtu (21/9) pukul 00.45 WIB.(CNNIndonesia/ Adhi Wicaksono)
Meski 51 mobil pemadam kebakaran dikerahkan, pemadaman api terkendala sumber air dan akses jalan yang sempit ke lokasi. (ANTARA FOTO/Galih Pradipta/wsj)
Ketua RW Dwi Lestari mendapat kesaksian bahwa pemicu kebakaran adalah ponsel yang meledak saat sedang dicas dari salah satu rumah di RT 04 RW 01 Rawabunga. (CNNIndonesia/ Adhi Wicaksono)
Petugas damkar dan kepolisian sendiri masih menyelidiki perihal dugaan korsleting listrik itu. (CNNIndonesia/ Adhi Wicaksono)
Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (PKP) Jakarta Timur menaksir kerugian akibat kebakaran itu mencapai Rp2 miliar. (CNNIndonesia/ Adhi Wicaksono)
Sejumlah bangunan semipermanen di lokasi kebakaran disebut memudahkan api merambat karena faktor bahan bangunannya serta kerapatan jarak antar-rumah. (CNNIndonesia/ Adhi Wicaksono)
Sebanyak 380 jiwa di Rawabunga dan 125 jiwa warga Balimester diungsikan akibat kebakaran, dengan 27 orang di antaranya masih balita dan pelajar. (CNNIndonesia/ Adhi Wicaksono)
Warga mengaku masih membutuhkan bantuan berupa tenda pengungsian dan kebutuhan dasar karena keterbatasan bangunan yang dijadikan pengungsian, seperti masjid dan kantor kelurahan. (CNNIndonesia/ Adhi Wicaksono)