FOTO: Mereka yang Berjuang Padamkan Api di Tengah Kabut Asap

ANTARA FOTO, CNN Indonesia | Minggu, 22/09/2019 20:16 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Berbagai upaya dilakukan untuk memadamkan api karhutla. Di antara upaya pemadaman itu, ada 'keringat' para relawan yang berjuang memadamkan api yang menjalar.

Tak kenal lelah. Kiranya frasa itu cocok untuk disematkan pada mereka yang berjuang memadamkan api yang berkobar di area kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di sejumlah wilayah Indonesia. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Karhutla yang terjadi di Sumatera dan Kalimantan memberikan dampak yang luas bagi masyarakat. Tak cuma menyebabkan terbatasnya jarak pandang, kabut asap juga menjadi ancaman kesehatan. (ANTARA FOTO/Jojon)
Beragam usaha pun dilakukan untuk memadamkan titik api. (ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan)
Tanpa disadari, di antara upaya pemadaman itu ada 'keringat' para relawan yang gigih memadamkan si jago merah yang terus menjalar. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Mereka beradal dari berbagai instansi. Mulai dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), kepolisian, TNI, serta sejumlah kelompok masyarakat. (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)
Tak sedikit dari potret para pemadam kebakaran itu yang menjadi sorotan netizen. Sebagian besar netizan mengapresiasi kerja para relawan untuk memadamkan titik api. (ANTARA FOTO/Rony Muharrman)
Tugas memadamkan api akibat kebakaran hutan dan lahan memang bukan perkara mudah. Kepungan asap, api, dan udara panas mengiringi setiap kali mereka bertugas. Bukan tak mungkin ada bahaya kesehatan yang mengintai. (ANTARA FOTO/Bayu Pratama S)
Belum lagi beberapa kendala yang menghambat proses pemadaman. Sebagaimana yang terjadi di Desa Puding, Kecamatam Kumpeh Ulu, Kabupaten Muarojambi, Jambi pada Minggu (22/9). Hembusan angin yang cukup kencang membuat sebaran api cepat merembet. Akibatnya, api semakin meluas dan sulit dipadamkan. (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)
Tak hanya itu, para relawan juga harus menikmati makan siang dan beristirahat di tengah kepungan api dan kabut asap. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)


BACA JUGA
FOTO LAINNYA