Unjuk Rasa Memanas, Mahasiswa Berusaha Terobos Gerbang DPR

CNN Indonesia | Senin, 23/09/2019 20:20 WIB
Unjuk Rasa Memanas, Mahasiswa Berusaha Terobos Gerbang DPR Mahasiswa dari sejumlah elemen se-Jabodetabek berunjuk rasa di depan kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (23/9). (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)
Jakarta, CNN Indonesia -- Aksi mahasiswa yang menolak Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP) masih bertahan di depan kompleks DPR/MPR malam ini.

Mereka terpantau masih mencoba mendekat ke pagar kompleks parlemen dan masuk ke gerbang perwakilan rakyat tersebut.

"Buka-buka, buka pintunya sekarang juga," demikian teriakan bersenandung para mahasiswa di depan Gedung DPR tersebut.


Aksi para mahasiswa itu dikawal ketat polisi yang dipimpin langsung Kapolda DKI Jakarta Irjen Pol Gatot Eddy Pramono. Tiga water cannon masih siaga. Sejumlah polisi bertameng menjaga situasi.

Kericuhan sempat terjadi lepas magrib tadi, usai perwakilan mahasiswa yang masuk ke gedung DPR menyampaikan hasil di dalam gedung perwakilan rakyat tersebut.

Massa berusaha memblokade jalan tol, namun berhasil dicegah aparat.

Meski begitu, beberapa mahasiswa yang masih bertahan di depan kompleks parlemen terus melakukan aksinya.

Ada yang terpantau mencorat-coret pagar kompleks parlemen menggunakan cat semprot. Salah satunya, terpantau menulis 'DPR Bobrok'.

Aksi mahasiswa menolak RKUHP dan revisi UU KPK serta RUU kontroversial ini sendiri tak hanya terjadi di Jakarta hari ini. Aksi serupa diketahui berlangsung pula di Yogyakarta, Bandung, Cirebon, Malang, Jombang, Makassar, dan Tanjungpinang. RKUHP sendiri telah disepakati DPR pada tingkat I atau tingkat komisi untuk dibawa dan disahkan dalam Rapat Paripurna.

Selain di Jakarta, kericuhan aksi mahasiswa menolak RKUHP, revisi UU KPK, dan RUU Kontroversial lain pun terjadi di Tanjungpinang (Kepulauan Riau), dan Bandung hari ini.

[Gambas:Video CNN] (dhf/kid)