Dishub DKI akan Patroli Tiga Jam Sekali di Jalur Sepeda

CNN Indonesia | Selasa, 24/09/2019 05:53 WIB
Dishub DKI akan Patroli Tiga Jam Sekali di Jalur Sepeda Ilustrasi. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kepala Dinas Perhubungan DKI , Syafrin Liputo, mengatakan pihaknya akan melakukan patroli rutin di jalur sepeda setiap tiga jam sekali. Hal itu dilakukan untuk memberikan sosialisasi dan sterilisasi terhadap pelanggar di jalur sepeda.

Menurutnya patroli tersebut adalah bentuk tindak lanjut dari laporan adanya okupasi atau penyalahan fungsi jalur sepeda sebagai tempat parkir ojek daring ataupun kendaraan roda empat.

"Hari Sabtu saya mendapat laporan bahwa untuk jalur sepeda ternyata banyak dikuasai oleh ojol atau parkir roda empat," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo saat dikonfirmasi, Senin (23/9).

"Mulai sekarang kami ada patroli rutin di jalur sepeda tadi setiap tiga jam. Akan ada anggota Dishub patroli dengan sepeda," tambahnya.


Kendati demikian, Syafrin mengatakan bahwa pihaknya belum akan melakukan penindakan terhadap pelanggar. Pihaknya masih hanya memberikan teguran hingga masa uji coba berakhir pada 19 November mendatang.

Saat ini, Dishub mengaku akan tetap melakukan penderekan apabila masih terdapat pelanggar yang parkir di beberapa titik. Sesuai dengan aturan, kendaraan bermotor akan dikenakan retribusi pemindahan kendaraan sebesar 500 ribu dan 250 ribu per hari.

"Untuk parkir ke depannya kami sudah akan menunggu tanggal 20 (November). Jika ada yang parkir itu akan langsung diderek dan dikenakan denda," jelasnya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan uji coba terhadap tujuh jalur sepeda di Jakarta. Namun, Ia menuturkan bahwa masih terhadap banyak marka belum terpasang dan terdapat motor yang menyerobot di jalur sepeda.

Tujuh jalur yang dilalui Anies saat melakukan uji coba, yakni Jalan Pemuda, Jalan Pramuka, Jalan Proklamasi, Jalan Pangeran Diponegoro, Jalan Imam Bonjol, Jalan MH Thamrin, dan Jalan Medan Merdeka Selatan.

[Gambas:Video CNN] (yos/agr)