Massa Aksi Bakar Traffic Cone di Tol Dalam Kota

CNN Indonesia | Selasa, 24/09/2019 15:54 WIB
Massa Aksi Bakar Traffic Cone di Tol Dalam Kota Ribuan mahasiswa dari berbagai universitas berunjuk rasa di depan gedung DPR, Jakarta, Selasa (24/9). (CNN Indonesia/Safir Makki)(CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mahasiswa peserta aksi yang memblokade tol dalam kota ada yang melakukan pembakaran sejumlah kerucut lalu lintas (traffic cone) di dalam jalur bebas hambatan yang berada di seberang kompleks parlemen, Jakarta Pusat petang ini.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, traffic cone yang dibakar itu berada di jalan tol dalam kota arah Slipi, Jakarta Barat.

Sementara itu, saat ini tol tersendat di dua arah baik ke arah Slipi (Jakarta Barat) maupun Cawang (Jakarta Timur), karena hanya satu lajur di masing-masing jalur yang bisa dilewati kendaraan.


Sementara itu situasi di depan Gerbang DPR terpantau kondusif meski massa terus meneriakkan agar pintu gerbang menuju kompleks parlemen itu dibuka.

Berdasarkan pantauan peserta aksi yang perempuan diungsikan ke bagian pinggir, menjauhi gerbang kompleks parlemen sejak sebelum terjadi aksi dorong-dorong pagar.

Sementara itu, polisi pun masih tetap menjaga situasi. Dan, tampak di dalam kompleks parlemen polisi yang bertugas melontar gas air mata pun sudah bersiaga.

Aksi mahasiswa yang terjadi di depan kompleks parlemen ini di antaranya menuntut penolakan atas pengesahan sejumlah RUU kontroversial seperti karhutla, menolak revisi RUU KPK yang sudah disahkan jadi undang-undang, dan menuntut pengesahan RUU Penghapusan Kekerasan Seksual.

Selain di Jakarta, aksi mahasiswa serupa terjadi di kota-kota lain sejak kemarin seperti di Bandung, Semarang, Yogyakarta, Malang, Palembang, Samarinda, Banda Aceh, dan Makassar.

Kendaraan Putar Balik

Pantauan CNNIndonesia.com dari atas JPO Semanggi, petugas Jasa Marga dibantu kepolisian mengarahkan para pengendara mobil yang sudah terlanjur masuk ke jalan tol untuk langsung berputar balik.

Sebagai akses untuk berputar balik, petugas membuka barrier atau pemisah jalan yang ada di depan Crowne Plaza.

Corporate Communication Departemen Head PT Jasa Marga Irra Susiyanti mengatakan penutupan jalan tol itu dilakukan demi menjaga keamanan dan keselamatan pengguna jalan.

"Bagi para pengguna jalan yang sudah masuk akan dialihkan keluar di exit tol terdekat," ujar Irra saat dikonfirmasi, Selasa (24/9).

Sementara itu, di Jalan Gator Subroto arah Slipi, kendaraan terpantau menumpuk dan tak bisa melintas.


[Gambas:Video CNN]

(pmg/kid)