Bertemu Marinir di Senayan, Mahasiswa Berteriak 'Hidup TNI'

CNN Indonesia | Selasa, 24/09/2019 21:11 WIB
Bertemu Marinir di Senayan, Mahasiswa Berteriak 'Hidup TNI' Audiensi Antara Mahasiswa dengan Marinir. (CNN Indonesia/Ryan Hadi Suhendra)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah anggota Marinir dari Cilandak diterjunkan untuk menenangkan mahasiswa di kawasan Senayan. Seluruh anggota baret ungu itu tidak dibekali senjata.

Pantauan CNNIndonesia.com, Selasa (24/9) pukul 20.38 WIB di bawah Flyover JCC Senayan, anggota marinir itu menemui mahasiswa untuk berdialog.

Dalam dialog itu, mahasiswa meminta marinir menjamin keamanan mereka untuk kembali mendatangi Gedung DPR dengan aman.
"Bapak jangan bohong ya seperti Presiden," ujar seorang mahasiswa kepada anggota marinir.


Saat berdialog, mahasiswa yang memenuhi flyover itu menyanyikan 'Ibu Pertiwi' dan 'Bagimu Negeri'.

Massa juga berteriak memberikan pujian kepada TNI. Marinir juga terlihat sempat berjalan bersama mahasiswa, sebelum akhirnya berdialog di bawah flyover. 

"Hidup TNI!" seru mahasiswa.

Hingga pukul 20.56 WIB, mahasiswa masih bertahan di sejumlah titik di sekitar gedung DPR usai bentrok dengan aparat keamanan.

Sementara anggota polisi juga masih berjaga di depan gedung DPR. Sejumlah polisi bertameng membuat barikade. Sesekali terdengar suara tembakan gas air mata ke arah mahasiswa.

Bentrok antara aparat keamanan dengan mahasiswa terjadi sejak Selasa (24/9) siang. Mahasiswa berupaya masuk ke gedung DPR untuk menyuarakan tuntutan mereka menolak pengesahan RKUHP dan sejumlah RUU lain yang dianggap bermasalah.

Polisi sempat membubarkan mahasiswa dengan tembakkan gas air mata dan menyemprotkan water cannon. Mahasiswa kocar-kacir dan berlarian ke arah Slipi dan juga Semanggi. 

[Gambas:Video CNN]

(ryn/ugo)