265 Mahasiswa dan 39 Polisi Terluka Saat Rusuh di DPR

CNN Indonesia | Rabu, 25/09/2019 10:48 WIB
Polisi menyebut 254 mahasiswa dirawat jalan dan 11 mahasiswa lainnya dirawat inap akibat aksi unjuk rasa yang berujung ricuh di sekitar Gedung DPR kemarin. Demo berujung rusuh di KPK kemarin. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia -- Polisi mencatat 265 mahasiswa dirawat akibat aksi unjuk rasa yang berujung ricuh di sekitar Gedung DPR/MPR. Rinciannya, 254 mahasiswa dirawat jalan dan 11 mahasiswa dirawat inap.

"Kita sudah mendatakan ada sebanyak 254 yang dirawat jalan di beberapa rumah sakit dan 11 orang dirawat inap," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono di Mapolda Metro Jaya, Rabu (25/9).

Gatot menduga mahasiwa itu terluka akibat terkena gas air mata ataupun akibat aksi dorong-dorongan yang terjadi saat berusaha menghindari tembakan gas air mata.


Namun, lanjut Gatot, untuk kepastian penyebabnya masih akan didalami oleh pihak kepolisian bersama dengan dokter yang yang melakukan perawatan.

"Kita akan masih didalami oleh dokter kenapa yang bersangkutan nantinya. Nanti Pak Kabiddokes akan melihat ke rumah sakit di mana adik-adik kita dirawat," tutur Gatot.

Selain mahasiswa, disampaikan Gatot, ada sebanyak 39 personel kepolisian yang juga terluka saat melakukan pengamanan pada aksi unjuk rasa kemarin.

"Ada petugas polisi sebanyak 39 orang yang alami ada yang terkena batu, tangannya patah dan sebagainya, sekarang di rawat inap," ujarnya.

[Gambas:Video CNN]
(dis/arh)