FOTO: Peserta Demo STM Bentrok dengan Polisi di Belakang DPR

Adhi Wicaksono, CNN Indonesia | Rabu, 25/09/2019 18:27 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Diduga terpicu pesan berantai aplikasi dan medsos, massa pelajar STM berdemo di depan DPR lalu terlibat kericuhan di belakang kompleks perwakilan rakyat itu.

Massa demonstran yang merupakan pelajar SMK atau populer dengan sebutan STM dari berbagai daerah mendatangi kompleks parlemen untuk mendukung tuntutan penolakan RKUHP dan lainnya yang setidaknya dalam dua hari terakhir gencar didemo massa aksi mahasiswa, Jakarta, Rabu (25/9). (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Tak hanya pejalar STM, terpantau pula sejumlah massa ABG yang berseragam SMA dan SMP ikut terjun terlibat bentrok dengan polisi di belakang gedung DPR, Palmerah, Jakarta, Rabu (25/9). (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Tak semua dari pelajar sekolah menengah di belakang Gedung DPR itu mengaku tahu seutuhnya apa persoalan yang gencar diprotes para massa aksi mahasiswa di berbagai daerah dalam dua hari terakhir. Banyak dari mereka mengaku terpacu ikut aksi karena ajakan di media sosial dan aplikasi pesan. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Konsentrasi bentrokan massa pelajar dengan polisi itu paling utama terjadi di Jalan Palmerah Timur, belakang kompleks parlemen, Jakarta, 25 September 2019. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Para pelajar sekolah menengah yang terlibat bentrok dengan polisi di belakang DPR itu terpantau membawa alat-alat tertentu untuk digunakan sebagai senjata seperti tongkat kayu ataupun menggunakan batu. Tak sedikit pula yang terus mengibar-kibarkan bendera Merah Putih. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Ditlantas Polda Metro Jaya mengecualikan penerapan sistem ganjil genap di dua ruas jalan juga menutup jalur Tol Dalam Kota akibat kericuhan dalam aksi pelajar STM, Jakarta, Rabu (25/9) sore. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Kericuhan bermula dari sekitar pukul 14.30 WIB ketika massa pelajar sekolah menengah itu tak menghiraukan imbauan polisi yang meminta mereka bubar karena rawan disusupi dan diprovokasi. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Diduga para pelajar yang terlibat kericuhan di belakang Gedung DPR itu adalah mereka yang pada Rabu (25/9) siang sempat melakukan aksi unjuk rasa di depan gerbang kompleks perwakilan rakyat itu. Namun dari segi jumlah saat sore diduga lebih banyak dari yang berdemonstrasi siang hari. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Aparat kepolisian mencoba mengadang massa pelajar yang mengendarai sepeda motor di Jalan Gatot Subroto di depan Mapolda Metro Jaya. Mereka pun digeledah, dan disuruh jalan jongkok ke markas polisi. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono)
Pada siang hari, puluhan pelajar SMK berseragam pramuka diadang aparat di Polres Metro Jakarta Barat. Para pelajar SMK di Tangerang tersebut hendak ke Gedung DPR untuk mengikuti demonstrasi di gedung DPR, Jakarta, Rabu (25/9). (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono mengatakan polisi mengamankan setidaknya 200 pelajar STM di sejumlah lokasi terkait aksi di belakang Gedung DPR, Jakarta, Rabu (25/9). (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Saat melakukan pengamanan aksi massa pelajar sekolah menengah di belakang Gedung DPR, polisi mencoba ajakan persuasif lewat pengeras suara dengan mengingatkan hormat kepada yang lebih tua dan hindari provokasi. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)