Wasekjen Demokrat: Tiba Waktunya Jokowi Bicara pada Rakyat

CNN Indonesia | Rabu, 25/09/2019 22:18 WIB
Wasekjen Demokrat: Tiba Waktunya Jokowi Bicara pada Rakyat Jokowi saat kampanye Pilpres. (Foto: Agus Suparto/Fotografer Pribadi Jokowi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Sekretaris Jenderal Demokrat Rachland Nashidik meminta presiden Joko Widodo untuk membuka suara menyikapi sejumlah aksi mahasiswa dan pelajar di berbagai daerah di Indonesia.

Rachland berharap Jokowi melontarkan pernyataan yang dapat menenangkan situasi.

"Mungkin tiba waktu bagi pak Jokowi bicara rakyatnya, membahas apa-apa yang kini disoal para mahasiswa dan pelajar," kata Rachland dalam pesan singkat yang diterima CNNIndonesia.com, Rabu (25/9).


Jokowi, kata dia, juga harus memberitahukan langkah yang akan dilakukannya dalam waktu dekat. "Bagi kebaikan bersama," katanya.


Sejak aksi protes mahasiswa Selasa (24/9), Presiden Joko Widodo belum mengeluarkan pernyataan terkait demonstrasi mahasiswa.

Ribuan mahasiswa di berbagai wilayah berunjuk rasa memprotes rencana pengesahan sejumlah Undang-Undang yang dianggap bermasalah. Diantaranya, RKUHP, RUU Pertanahan, RUU Minerba, dan RUU Pemasyarakatan.

Sementara itu, dalam acara Mata Najwa, Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko mengatakan pada dasarnya presiden terbuka terhadap masukan-masukan.

"Pertemuan tadi malam dengan senior-senior, ada poin bagus. Mungkin perlu kita geser perjuangannya. Kita bicara di kampus lewat jalur akademis. Kita hadirkan pemerintah ke kampus," kata Moeldoko.

(ugo/asa)