Kapolres Pekanbaru Pingsan Saat Amankan Demo Mahasiswa

CNN Indonesia | Jumat, 27/09/2019 05:41 WIB
Kapolres Pekanbaru Pingsan Saat Amankan Demo Mahasiswa Ilustrasi demo mahasiswa. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Susanto pingsan saat memimpin pengamanan aksi unjuk rasa ratusan pelajar dan mahasiswa yang berlangsung ricuh di Gedung DPRD Provinsi Riau, Kamis (26/9) petang.

Perwira menengah berkepala plontos yang akrab disapa Santo itu terpaksa harus dilarikan ke rumah sakit menggunakan ambulans. Hingga berita ini diturunkan, Kombes Santo masih dirawat di Rumah Sakit Awal Bross yang berada tidak jauh dari Gedung DPRD Provinsi Riau.

"Dirawat di Rumah Sakit Awal Bross Pekanbaru," kata Kepala Bidang Humas Polda Riau Kombes Pol Sunarto seperti dilansir Antara.


Sementara itu, aksi unjuk rasa yang awalnya berjalan damai itu mendadak rusuh ketika massa mendesak untuk masuk ke dalam gedung dan menemui anggota DPRD Provinsi Riau. Aksi itu diwarnai dengan dorong-dorongan antara polisi dan ratusan mahasiswa.

Sebelum kolaps, Santo memimpin personelnya membentuk pagar betis berhadap-hadapan dengan massa. Situasi yang makin panas disertai dorongan, kata Sunarto, membuat Susanto terhimpit sehingga diduga kekurangan oksigen lalu pingsan.

"Info awal, Pak Kapolresta terkena himpit massa pedemo saat Kapolresta mengajak mahasiswa untuk duduk, Kapolresta posisi duduk duluan," kata Sunarto.

Hingga kini, Sunarto belum dapat memastikan kondisi terakhir Kapolresta Pekanbaru.

Selain Kapolresta, informasi yang diperoleh diketahui seorang peserta aksi juga harus dilarikan untuk mendapatkan pertolongan medis.

Aksi yang digelar siswa dan mahasiswa tersebut merupakan lanjutan aksi penolakan Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP) yang juga digelar di sejumlah daerah di Indonesia yang masif dalam kurun waktu sepekan terakhir. Aksi di Pekanbaru berakhir menjelang magrib dengan kawalan ketat aparat kepolisian.

(Antara/kid)