Polisi Sebut Cuitan Denny Siregar soal Batu di Ambulans Fakta

CNN Indonesia | Jumat, 27/09/2019 17:50 WIB
Kepolisian mengatakan bahwa faktanya ambulans yang dimaksud memang membawa batu, tapi dibawa oleh beberapa orang yang bersembunyi. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan bahwa ambulans yang sempat diamankan memang membawa batu(CNN Indonesia TV)
Jakarta, CNN Indonesia -- Polda Metro Jaya angkat suara soal cuitan Denny Siregar di akun Twitter @dennysiregar7 tentang mobil ambulans yang diduga membawa batu di sekitar lokasi demonstrasi, Jakarta. Kepolisian menyebut memang ada batu dalam ambulans yang dimaksud sehingga belum bisa memastikan Denny bakal diusut atas cuitannya.

Cuitan itu menuai polemik di lini masa media sosial lantaran Denny mengunggah video lebih dulu ketimbang informasi yang disampaikan Kepolisian lewat akun Twitter TMC Polda Metro Jaya.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan bahwa cuitan Denny tersebut merupakan fakta. Argo menyebut memang ditemukan batu di dalam mobil ambulans tersebut.


"Faktanya ada batu di dalam mobil ambulans," kata Argo di Mapolda Metro Jaya, Jumat (27/9).

Argo hanya mengatakan bahwa cuitan Denny Siregar saat ini tengah didalami oleh penyidik. Dia tidak memberikan pernyataan tentang kepastian Denny Siregar bakal diusut atau tidak terkait unggahannya.

"Penyidik nanti yang akan dalami," ucap Argo.
Mobil ambulans milik Pemprov DKI Jakarta dan Palang Merah Indonesia (PMI) menjadi sorotan dalam beberapa hari terakhir. Semua berawal dari video yang beredar di media sosial.

Pegiat media sosial Denny Siregar mengunggah video tersebut di akun Twitter @dennysiregar7 pada pukul 01.24 WIB, Kamis (26/9). Dia juga menyertakan kalimat dalam cuitan itu.

"Hasil pantauan malam ini.. Ambulans pembawa batu ketangkep pake logo @DKI Jakarta," tulis Denny melalui akun Twitter @dennysiregar7.
Salah satu mobil ambulans yang sempat diamankan di Polda Metro JayaSalah satu mobil ambulans yang sempat diamankan di Polda Metro Jaya (CNN Indonesiaa/Patricia Diah Ayu)
Denny mengatakan mendapat video itu dari sumber, namun tak menjawab tegas siapa yang sumber tersebut. Kesimpulan mobil Ambulans milik Pemprov DKI Jakarta, kata dia, didapat dari lambang di mobil tersebut.

"Dapat dari sumber, [kesimpulan mobil ambulans milik Pemprov DKI Jakarta] karena ada lambangnya," kata Denny, Kamis (26/9).

Denny tak ambil pusing soal polemik di lini masa karena ia lebih dulu mengunggah informasi itu dibanding akun Twitter TMC Polda Metro Jaya. Menurutnya itu bukan sebuah kejanggalan.

"Entah, tanya sama polisinya dong jangan tanya saya kenapa lambat," ujarnya.
Polda Metro Jaya sebelumnya telah mengklarifikasi informasi tentang mobil ambulans milik Pemprov DKI Jakarta dan Palang Merah Indonesia yang diduga membawa batu serta bensin di sekitar lokasi demonstrasi.

Argo menyatakan bahwa mobil ambulans yang dimaksud tidak membawa batu maupun bensin. Argo menjelaskan kala itu anggota Brimob tengah bertugas menghalau massa pelajar. Brimob dilempari batu serta benda lainnya.

Kemudian, lanjut Argo, perusuh yang melakukan aksi pelemparan itu mencari perlindungan dengan masuk ke dalam mobil ambulans.

Sejauh ini, Polda Metro Jaya sudah menetapkan tiga orang tersangka karena membawa batu ke dalam ambulans tersebut.

"Sudah kami tetapkan sebagai tersangka ketiganya," kata Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Suyudi Ario Seto di Mapolda Metro Jaya, Kamis (26/9).

[Gambas:Video CNN] (dis/bmw)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK