Ditjen Hubud: Kebakaran Kertajati Terjadi di Ujung Runway 32

CNN Indonesia | Sabtu, 28/09/2019 23:15 WIB
Ditjen Hubud: Kebakaran Kertajati Terjadi di Ujung Runway 32 Suasana senja di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB), Kertajati, Majalengka, 26 Juni 2019.(CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Nur Isnin Istiartono menyatakan kebakaran yang terjadi di sekitar Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB), Kertajati, Majalengka terjadi di ujung landas pacu (runway) 32, Sabtu (28/9) petang.

Akibatnya, kata dia, dua penerbangan pun dialihkan pendaratannya dari semula BIJB ke bandara lain. Dua penerbangan itu adalah maksapai Lion Air JT 950 rute Batam - Kertajati dan JT 902 rute Deliserdang - Kertajati. Keduanya dialihkan mendarat menuju Bandar Udara Internasional Soekarno - Hatta, Tangerang karena sekitar bandara Kertajati kebakaran.

"Walau sempat dua maskapai divert menuju Bandara Soekarno Hatta, namun saat ini operasional penerbangan, takeoff dan landing sudah dapat dilakukan karena kebakaran telah dapat diantisipasi dengan cepat," ujar Isnin dalam siaran pers.


Selain itu, Isnin menyatakan berdasarkan informasi yang diperolehnya, kebakaran yang terjadi tidak meluas karena petugas gabungan dengan sigap berupaya memadamkan api, dan melakukan pencegahan lainnya.

"Ditjen Hubud akan terus memantau dan berkoordinasi dengan Kantor Otoritas Bandar Udara wilayah I Soekarno - Hatta, penyelenggara bandar udara dan aparat kepolisian untuk memastikan penyebab kebakaran," kata dia.

Di satu sisi, terkait kebakaran tersebut, Isnin menegaskan Ditjen Hubud mengimbau kepada seluruh penyelenggara bandar udara untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan personel terhadap hal-hal yang dapat menjadi kendala jalannya operasional penerbangan.

"Kami mengimbau kepada penyelenggara bandar udara, untuk melakukan pengawasan secara terus menerus untuk mengamankan bandara demi terciptanya keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan ," katanya.

Humas BIJB Andrian Salam Wiyono mengatakan api yang membakar di sekitar lahan bandara tersebut sudah padam sepenuhnya.

"Sudah padam... pukul 20.30 (WIB)," ujar Andrian saat dikonfirmasi lewat pesan singkat kepada CNNIndonesia.com, Sabtu (28/9) malam.

Sementara itu, lewat keterangan terpisah, Kepala Seksi Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Jabar, Budi Budiman Wahyu mengatakan, dampak dari kebakaran lahan yang terjadi sedang dalam observasi pihaknya.

"Untuk luas area yang terbakar hingga saat ini belum terdata, dan akibatnya masih dalam penyelidikan," kata Budiman.

[Gambas:Video CNN]
Adapun upaya yang telah dilakukan BPBD Provinsi Jawa Barat, berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Majalengka untuk menurunkan tim assessment dan berkoordinasi dengan pihak BIJB, Damkar, Pertamina, TNI dan Polri untuk memadamkan api bersama secara manual.

Selain itu, tim gabungan juga telah melakukan sekat bakar agar api tidak merambat ke area gedung dalam kompleks Bandara Kertajati.

(kid/kid)