Bertemu Eks Menlu Fiji, Wiranto Bicara Persoalan Papua

CNN Indonesia | Senin, 30/09/2019 11:34 WIB
Bertemu Eks Menlu Fiji, Wiranto Bicara Persoalan Papua Menkpolhukam Wiranto dan mantan Menlu Fiji Ratu Inoke berbicara soal isu Papua. (CNN Indonesia/Ryan Hadi Suhendra)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto melakukan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Fiji Ratu Inoke, Senin (30/9). Kepada awak media, Wiranto mengaku membicarakan status Papua dan Papua Barat kepada Inoke.

Menurut dia, Inoke sangat memahami kondisi Indonesia dan memiliki keyakinan bahwa penyatuan Papua dan Papua Barat ke wilayah NKRI sudah final.

"Dia (Inoke) sangat memahami masalah kondisi di Pasifik selatan dan sangat memahami bagaimana posisi Indonesia tentang integrasi wilayah Indonesia khususnya Papua dan Papua Barat. Beliau memahami betul, setelah saya berbicang-bincang dengan beliau, beliau punya keyakinan bahwa penyatuan Papua dan Papua Barat ke Indonesia sudah final," kata Wiranto di Kantornya, Jakarta, Senin (30/9).


Pada pemaparannya, Wiranto menyampaikan bahwa Inoke menilai Papua dan Papua Barat merupakan suatu integritas wilayah Indonesia yang sudah dikukuhkan oleh PBB.

"Sikap beliau (Inoke) ini yang disampaikan ke kami dan beliau (Inoke) siap untuk menyampaikan tentang sikap Indonesia mengenai penyatuan wilayah Papua dan Papua Barat menjadi bagian yang tak terpisahkan dengan Indonesia," kata Wiranto.

[Gambas:Video CNN]
Sementara itu dalam pemaparannya, Inoke tidak banyak menyampaikan apa yang telah disinggung oleh Wiranto. Dia berujar normatif perihal pertemuannya pagi ini.

"Jakarta sudah tak asing bagi saya, saya sudah berkunjung ke negara besar ini beberapa kali. Beberapa kesempatan saya membicarakan kerja sama politik dengan Indonesia dan Singapura," ujar Inoke.

"Kami bisa bekerja bersama, untuk menjaga Indonesia bersama," sambungnya.

(ryn/arh)