Pedemo di Depan Gedung DPR Mulai Masuk Tol

CNN Indonesia | Senin, 30/09/2019 16:16 WIB
Pedemo di Depan Gedung DPR Mulai Masuk Tol Massa duduk di dua lajur di jalan tol sehingga membuat lalu lintas tersendat. Massa tak mengindahkan imbauan polisi untuk tak duduk di jalan tol. (CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebagian massa unjuk rasa di Gedung DPR mulai tumpah ke jalan tol arah Tomang-Grogol, Jakarta Barat. Dua lajur tampak tertutup massa.

Pantauan CNNIndonesia.com massa memadati ruas tol Gatot Subroto setelah jembatan layang Senayan-Semanggi. Tidak cuma berdiri, massa juga duduk-duduk di dua lajur tol tersebut.

Arus lalu lintas menjadi tersendat karena sebagian lajurnya digunakan massa aksi tersebut.

"Kami minta semua yang ada di jalan tol untuk masuk ke jalur arteri. Hargai pengguna jalan lain," kata petugas kepolisian melalui pengeras suara di lokasi, Senin (30/9).

Unjuk rasa gabungan ini diikuti berbagai elemen masyarakat seperti buruh, petani, mahasiswa, dan pelajar.


Ada sejumlah tuntutan yang ingin disampaikan massa, terutama penolakan mereka terhadap Rancangan Undang-Undang (RUU) kontroversial dan RUU Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang sudah terlanjur disahkan.

"Semua keluar dari jalan tol, jangan ada yang di situ. Harap satu komando. Masuk ke jalan arteri," kata salah satu koordinator aksi lewat pengeras suara mobil komando. (ryh/sur)