Massa Demo DPR Lempari Mobil Polisi dan Gerbang Polda Metro

CNN Indonesia | Senin, 30/09/2019 17:03 WIB
Massa Demo DPR Lempari Mobil Polisi dan Gerbang Polda Metro Ilustrasi polisi kawal aksi demontrasi. (ANTARA FOTO/Jojon)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gerbang markas Polda Metro Jaya di Jalan Gatot Subroto, Jakarta sempat dilempari batu oleh massa pelajar yang akan menggelar aksi di Gedung DPR, Senin (30/9).

Pantauan CNNIndonesia.com di lapangan, mereka terlihat melempar batu dari dalam Tol Dalam Kota Cawang arah Grogol.

Bunyi lemparan batu juga terdengar saat mengenai atap gerbang markas polisi ibu kota itu. Sejumlah pelajar terlihat berjalan kaki dari dalam tol mengarah ke kawasan gedung DPR RI. Mereka berjalan sambil meneriakkan sejumlah lagu yang mengarah kepada polisi.


"Hati-hati semua awas batu," kata salah seorang polisi kepada wartawan di Polda.

Polisi terlihat berjaga membuat barisan berlapis di depan gedung DPR. Mereka memakai pakaian dan alat pelindung diri lengkap.


Adapun kondisi lalu lintas dari arah Cawang menuju Slipi terpantau padat. Begitu pula dengan lalu lintas dalam kota dari Cawang arah Grogol. Beberapa saat kemudian, polisi menutup jalan dari depan Gedung Bank Mandiri. Seluruh kendaraan terlihat ditahan di ujung jalan.

Kemudian polisi juga menutup jalan tol dalam kota dari arah Cawang menuju Grogol. Seluruh kendaraan yang tadinya mengarah ke Grogol diarahkan untuk putar balik ke arah Cawang. Di ujung jalan bawah Simpang Susun Semanggi terlihat massa berkumpul dan polisi yang juga tengah berjaga.

Lempar Batu ke Mobil Polisi yang Melintas


Sementara itu, massa yang menggelar unjuk rasa di depan Gedung DPR mulai ricuh dengan melempar batu dan botol minuman ke mobil kepolisian.

Pantauan CNNIndonesia.com, massa yang didominasi pelajar dan sebagian menggunakan pakaian bebas ini ricuh saat melihat mobil water canon dan bus polisi melintas di tol dalam kota dari Semanggi ke arah Tomang-Grogol, Jakarta Barat.

Massa juga memukuli dan menendang-nendang mobil kepolisian itu. Aparat yang berjaga lantas menembakkan gas air mata ke kerumunan massa tersebut. Kepolisian juga masih berusaha menenangkan massa yang tadi sempat beringas.

"Sudah jangan terprovokasi, kembali kondusif," kata petugas polisi lewat pengeras suara di lokasi.


Saat ini massa masih menutup jalur tol dalam kota arah Tomang-Grogol. Massa juga terlihat bersorak-sorak ke arah kepolisian sembari mengibarkan bendera merah putih.

Terlihat juga beberapa mobil satu per satu mulai keluar dari kerumunan massa di jalan tol dengan pengawalan polisi.

[Gambas:Video CNN] (ctr/DAL)