Tak Ada Aroma Gas Air Mata Jelang Pelantikan Anggota DPR 2019

CNN Indonesia | Selasa, 01/10/2019 09:06 WIB
Tak Ada Aroma Gas Air Mata Jelang Pelantikan Anggota DPR 2019 Kawasan gedung DPR dijaga ketat menyambut pelantikan anggota dewan hari ini. (CNN Indonesia/ Tiara Sutari)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kawasan kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, nampak dijaga ketat oleh sejumlah aparat kepolisian. Sudah tak ada aroma gas air mata yang ramai ditembakkan dalam demo semalam.

Dari pantauan CNNIndonesia.com, gerbang belakang gedung MPR/DPR yang berseberangan dengan Stasiun Palmerah nampak dijaga ketat. Aparat kepolisian bersiaga baik di gerbang dekat bekas pos polisi yang dirusak, maupun di gerbang tempat kendaraan masuk.

Meski begitu, area ini telah bersih dan tak ada rasa perih di mata akibat gas air mata, maupun kerusakan atau puing-puing sisa kericuhan akibat aksi massa tadi malam, Senin (30/9).


Jika dicermati baik-baik, memang masih ada sejumlah bekas coretan atau goresan di tembok pagar gedung DPR. Petugas kebersihan dengan sigap menyulap kawasan yang kemarin porak-poranda menjadi bersih.

"Harus kerja ekstra karena mau nyambut pelantikan dewan baru, itu instruksinya sekitar sini area harus steril dari jam 5 pagi," kata Subhan (45) salah satu petugas PPSU yang tengah memunguti sampah kecil dekat selokan, di sekitar gerbang belakang DPR, Selasa (1/10).

Aparat kepolisian sudah bersiaga di belakang gedung DPR.Aparat kepolisian sudah bersiaga di belakang gedung DPR, dengan latar belakang coretan di dinding sisa aksi massa. (CNN Indonesia/ Tiara Sutari)
Berlanjut ke daerah dekat Kementerian Pemuda dan Olahraga serta Gedung Stasiun TVRI pun sama bersihnya, tak ada puing bekas kekacauan akibat aksi massa kemarin.

Namun, semakin merangsek maju mendekati Flyover Senayan, tampak MCB atau separator jalan dipasang untuk membatasi jalan lantaran tak boleh dilalui oleh kendaraan.

Di area ini masih banyak sisa kekacauan demo tadi malam. Bahkan di atas Flyover masih terpasang spanduk, mural, yang berisi ejekan dari pedemo untuk anggota dewan di Senayan.

Yang paling parah, pintu gerbang restoran Pulau Dua Senayan yang lokasinya persis di samping gerbang utama DPR/MPR ini pun masih nampak rusak parah. Coretan juga nampak jelas belum dibersihkan. Selain itu, gerbang yang rusak baru mulai dibetulkan oleh petugas.

Kawasan kompleks parlemen juga sudah menyiapkan diri untuk menyambut pedemo. Tampak kawat berduri, kendaraan taktis, serta baraccuda telah bersiaga di jalanan.

Beberapa aparat kepolisian juga nampak hilir mudik berjalan. Meski begitu, sejauh ini belum nampak satu orang pun massa aksi di kawasan ini.

[Gambas:Video CNN]
Hal berbeda terjadi di kawasan yang jaraknya sekitar 2 Kilometer dari Gedung DPR/MPR. Saat CNNIndonesia.com menuju ke Gedung DPR/MPR melalui Jalan KS Tubun, aroma gas air mata langsung menghantam indra penciuman. Mata juga seketika terasa pedih.

Puing-puing kerusakan pun masih berserakan di jalanan. Petugas PPSU nampak hilir mudik membawa karung untuk memunguti sampah sisa kerusuhan tadi malam.

(tst/arh)